Karawang (ANTARA News) - Arus lalu lintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta di wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, pada H+4 Lebaran atau Rabu siang cukup padat.

Pantauan Antara, petugas kepolisian dan pihak Jasa Marga memberlakukan "contra flow" mulai di sepanjang jalan Tol Jakarta-Cikampek kilometer 52 wilayah Karawang hingga kilometer 29 wilayah Cikarang.

"Contra flow menjadi salah satu upaya dalam mengurai kemacetan arus balik Lebaran," kata Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya, saat dihubungi di Karawang, Rabu.

Selain melakukan contra flow, pihaknya juga menerapkan sistem buka-tutup di pintu masuk menuju rest area sepanjang jalan Tol Jakarta-Cikampek di wilayah hukum Polres Karawang.

Hal tersebut dilakukan karena antrean kendaraan yang akan masuk ke rest area sering memicu kemacetan di jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Sementara itu, dengan diterapkannya contra flow, kepadatan arus lalu lintas berkurang di jalur jalan tol Jakarta-Cikampek arah jakarta.

Namun sejumlah pengendara terjebak macet di jalur contra flow, karena di jalur itu arus lalu lintas padat merayap. Di jalur itu, arus padat merayap. Sedangkan di jalur biasa, arus lalu lintas ramai lancar.

Sejumlah pengendara saat ditemui di kilometer 44 mengeluhkan kondisi tersebut. Mereka menilai sistem contra flow ternyata tidak menyelesaikan kemacetan.

Baca juga: Arus balik di jalan tol terus meningkat

Baca juga: Kementerian PUPR tunda integrasi transaksi Tol JORR

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018