Bandung (ANTARA News) - Perolehan suara pasangan calon nomor urut tiga, Oded M. Danial dan Yana Mulyana, dalam pemilihan wali kota dan wakil wali Kota Bandung jauh mengungguli dua pasangan pesaing mereka menurut hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Menurut hasil rekapitulasi perolehan suara yang dilakukan KPU Kota Bandung pada Kamis malam, Oded dan Yana berhasil mendapat 634.682 suara, hampir separuh dari total 1.305.872 suara yang masuk.

Sedangkan pasangan nomor urut satu Nurul Arifin dan Chairul Yaqin Hidayat memperoleh 301.418 suara, dan pasangan nomor urut dua Yossi Irianto dan Aries Supriatna mendapat 330.730 suara.

"Kita sudah menetapkan hasil suara untuk selanjutnya menjadi dasar menetapkan calon terpilih," ujar Ketua KPU Jawa Barat Rifqi Ali Mubarok Jumat.

Rifqi mengatakan jumlah suara sah dalam pemilihan wali kota dan wakil wali kota Bandung sebanyak 1.266.830 suara dan suara tidak sah sebanyak 39.042.

Angka partisipasi warga Kota Bandung dalam pemilihan kepala daerah tahun ini, menurutu dia, mencapai 78,12 persen atau meningkat dibanding tahun 2013 yang hanya 60,47 persen.

"Jumlah DPT Kota Bandung 1,6 juta, dan yang menggunakan hak pilih sekitar 1,3 juta berarti yang tidak menggunakan hak pilih sekitar 300.000-an," kata dia.

Sebelum menetapkan pasangan dengan perolehan suara terbanyak sebagai calon terpilih, KPU akan menunggu hingga tiga hari ke depan untuk memberi kesempatan bagi pihak yang akan menyampaikan gugatan. Kalau tidak ada yang menggugat hasil pemilihan kepala daerah, penetapan calon terpilih akan dilakukan 8 Juli.

"Kalau ada yang sengketa kita nunggu hasil di MK selama 30 hari, kalau ga ada mah tinggal ditetapkan pemenangnya," kata Rifqi.
 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018