Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sampai saat ini belum memutuskan akan memilih siapa yang menjadi calon wakil presiden (cawapres) pendamping dirinya pada pemilu presiden 2019.

Ketua DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan hal itu saat menjawab pertanyaan wartawan di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Kamis.

"Saya tegaskan, sampai hari ini Pak Prabowo belum memutuskan siapa yang akan dipilih menjadi cawapres untuk mendampingi dirinya," kata Sufmi Dasco Ahmad.

Menurut Sufmi, Prabowo Subianto sampai saat ini masih mengantongi beberapa nama bakal cawapres baik yang diusulkan partai politik mitra koalisi maupun tokoh dari luar partai politik. Rumor yang beredar beberapa nama tersebut antara lain, Ahmad Heryawan (PKS), Zulkifli Hasan (PAN), Gatot Nurmantyo (mantan Panglima TNI), dan Anies Baswedan (Gubernur DKI Jakarta).

Anggota Komisi III DPR RI ini menjelaskan, Prabowo saat ini masih terus membangun komunikasi secara intensif dengan pimpinan partai politik, pimpinan ormas keagaman, maupun tokoh nasional. Prabowo pada Selasa (17/7) dikabarkan bertemu dengan ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani di Jakarta. Baik Prabowo maupun Puan Maharani, membenarkan kabar tersebut.

Ketika ditanya, apakah masih ada pertemuan berikutnya antara Prabowo dan Puan Maharani, Sufmi mengatakan, Prabowo masih akan melakukan komunikasi intensi dengan pimpinan partai politik, sampai sebelum tanggal 10 Agustus.
 
Prabowo juga mengunjungi Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang sedang dirawat di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, pada Rabu (18/7) petang. Usai pertemuan, Prabowo mengatakan, pertemuannya dengan sahabat lama. "Saya mengingatkan agar menjaga kesehatan. Harus agak santai," katanya.

Sufmi juga menegaskan, Partai Gerindra masih berusaha merangkul partai politik sebanyak-sebanyaknya menjadi mitra koalisi. Partai Gerindra akan mengumumkan pasangan capres-cawapres sebelum tanggal 10 Agustus 2018.

KPU membuka pendaftaran pasangan capres-cawapres, pada 4-10 Agustus 2018.

Baca juga: Pengamat: Prabowo harus berhati-hati tentukan cawapres

Baca juga: Pengamat: Prabowo hati-hati ambil sikap hadapi pilpres

Baca juga: Pengamat: Prabowo dalam kebingungan

 

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018