Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris jenderal dari lima parpol anggota Koalisi Indonesia Kerja (KIK) bertemu dengan simpul-simpul relawan pemenangan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) Joko Widodo dan Ma'ruf Amin.

Pertemuan dilakukan di Posko Cemara, Menteng Jakarta, Selasa Malam. 

Hadir Sekretaris jenderal (sekjen) dari lima parpol KIK yakni, Hasto Kristiyanto (PDI Perjuangan), Lodewijk Frederick Paulus (Partai Golkar), Johny G Plate (Partai Nasdem), Ahmad Rofiq (Partai Perindo), dan Verry Surya Hendrawan (PKPI). Sementara itu, dari simpul-simpul relawan, hadir puluhan orang relawan.

Menurut Hasto Kristiyanto, para sekjen parpol KIK bertemu dengan simpul relawan pemenangan capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf, untuk menyatukan visi dan gerak langkah.

"Karena bagaimana pun, relawan adalah inisiatif dari masyarakat, dari rakyat yang mengapresiasi kepemimpinan Pak Jokowi dan siap membantu memenangkan Pak Jokowi," katanya.

Karena itu, kata dia, dalam pembentukan tim kampanye nasional (TKN), para sekjen dari sembilan parpol KIK, tidak hanya melibatkan representasi parpol, tapi juga representasi tokoh dan masyarakat melalui relawan.

"Relawan yang memiliki aspirasi politik, dapat menjadi sarana pengkaderan rakyat terhadap kepemimpinan Pak Jokowi, yang merakyat," katanya.

Ketika ditanya, ada berapa kelompok relawan, Hasto menjelaskan, para sekjen parpol koalisi, masih melakukan identifikasi, banyaknya masyarakat yang memiliki aspirasi ingin membantu memenangkan pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf.

"Kelompok relawan tumbuh di berbagai daerah di Indonesia, jumlah lebih dari 103 kelompok relawan," katanya.

Hasto menambahkan, pertemuan para sekjen dengan simpul relawan, pada Selasa malam ini, adalah pertemuan pendahuluan dengan inti relawan untuk mengidentifikasi.

"Selanjutnya akan dilakukan pertemuan-pertemuan yang lebih diperluas," katanya.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018