Jakarta  (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjadi Inspektur Upacara pada peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 73 yang diikuti oleh para pegawai Pemerintah Provinsi DKI beserta anggota DPRD DKI di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat, mulai pukul 07.30 WIB hingga pukul 08.30 WIB.

Ketua DPRD, Prasetyo Edi Marsudi berkesempatan membacakan Naskah Proklamasi.
 
"Jadi kita selama ini upacara menggunakan tempat parkir. Suasanannya tidak sakral bahkan terkesan tidak rapi," kata Anies.

Lapangan parkir di Monumen Nasional yang biasa digunakan untuk lokasi upacara 17 Agustus oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kurang pas, dimana kanan kirinya ada poster-poster dan warung.

"Kemudian teman-teman dari purna Paskibraka itu mengirimkan usulan kepada kita agar upacara 17-an tidak diselenggarakan di area parkiran tapi diselenggarakan di tempat yang representatif," kata Anies.

Usulan dari purna Paskibraka itu direspon dan pilihan jatuh di Lapangan Banteng.

Gubernur mengatakan suasana perayaan Hari Kemerdekaan tahun ini unik, karena bukan hanya merayakan kemerdekaan tapi besok akan memulai pesta olahraga terbesar di Asia yaitu Asian Games.

"Indonesia sekali lagi menjadi menjadi tuan rumah dan itu sebuah kebanggan tersendiri karena itu perayaan kemerdekaan ini diiringi dengan semangat menyambut Asian Games," kata Anies.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018