Konten terfokus genjot pemasaran via sosial media

id Umkm,pemasaran digital,media sosial,sidang umum ICW

Konten terfokus genjot pemasaran via sosial media

Pendiri dan CEO KontenKece.com Ika Mitayani (tengah) berbicara dalam diskusi bertema "Pemanfaatan Teknologi untuk UMKM" di sela-sela Sidang Umum Dewan Perempuan Internasional (ICW) ke-35 di selasar Pasar Rakyat Nusantara Hotel Grand Inna Malioboro Yogyakarta, Senin (17/9/2018). (ANTARA News/Azizah Fitriyanti)

Yogyakarta (ANTARA News) - Pengusaha, khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ingin meluaskan pemasaran produk melalui jejaring online perlu memfokuskan konten di akun media sosial mereka.

Hal tersebut disampaikan pendiri dan direktur KontenKece.com Ika Mitayani dalam diskusi bertema "Pemanfaatan Teknologi untuk UMKM" yang menjadi seri ketiga diskusi dan berbagi pengalaman milenial tentang pemasaran dengan pemanfaatan teknologi informasi di selasar Pasar Rakyat Nusantara Hotel Grand Inna Malioboro Yogyakarta, Senin.

"Kita mulai dulu dari akun sosmed, dan sekarang yang lagi tren dan efektif untuk menjual itu Instagram, masalahnya bagaimana meng-enggage orang yang hanya 'browsing' menjadi 'follower' dan akhirnya jadi 'consumer'," kata dia.

Menurut Ika, langkah pertama yang perlu dilakukan pemilik akun harus setia pada konten yang diunggah ke sosial media untuk menjaring orang yang hanya "browsing" atau lihat-lihat menjadi "follower" atau pengikut.

Setiap satu aku baru masuk menjadi pengikut, berarti menambah satu potensi "consumer" atau pembeli produk sehingga pemilik akun harus mendekatkan diri dengan masing-masing follower, misalnya mengucapkan terima kasih atas komentar yang ditinggal di salah satu unggahan, atau setidaknya memberikan tanda "like" atau suka.

Ika menambahkan, cara menjadi setia agar akun produk suatu UKM terus dilihat dan diikuti khalayak, foto yang diunggah harus berkualitas bagus.

"Nggak perlu dengan kamera yang mahal atau ahli-ahli banget buat ambil foto, yang terpenting fotonya terang, mengambil sudut terbaik, dan pastikan objek atau produk yang difoto adalah sampel terbaik," kata dia.

Hal lain yang juga perlu diperhatikan para UMKM pemilik akun media sosial adalah pemilihan kata untuk "hashtag" atau tagar yang akan membantu promosi akun tersebut karena tercatat dalam data Instagram atau Twitter, namun jangan terlalu banyak.

"Pastikan ada nama toko atau merek kita, jenis produk kita, dan tautan  pada 'hashtag' yang sedang  menjadi 'trending', tapi harus nyambung dengan produk kita," kata dia.

Diskusi dan saling berbagi pengalaman dengan milenial tentang pemanfaatan teknologi digital untuk pemasaran diselenggarakan di sela-sela Sidang Umum Dewan Perempuan Internasional (ICW) ke-35 di Yogyakarta yang dihelat PT Telkom dan didukung Perum Kantor Berita Antara.


Pewarta : Azizah Fitriyanti
Editor: Gusti Nur Cahya Aryani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar