Jakarta (ANTARA News) - Relawan Jokowi menyambut baik nomor urut satu yang diraih oleh pasangan Jokowi-KH Ma'ruf Amin, bahkan nomor urut satu yang didapat memberikan sinyal kuat bahwa pasangan ini akan diberikan amanah oleh rakyat Indonesia satu periode lagi.
 
"Perolehan nomor urut satu ini juga sejalan dengan yang diharapkan relawan, bahwa Jokowi akan memimpin Indonesia selama dua periode," kata Ketua Umum DPP Arus Bawah Jokowi (ABJ) Michael Umbas, di Jakarta, Jumat malam. 
 
Menurut dia, apa yang ditunjukkan kedua pasangan calon malam ini sangat menyejukkan, sehingga diharapkan suasana yang sejuk ini akan terjaga sampai Pilpres selesai. 
   
"Secara khusus kami menyambut baik perolehan nomor urut 1 pada pasangan Jokowi-Amin, artinya pasangan ini akan memimpin satu periode lagi," kata Michael. 
   
Ia menilai apa yang telah disampaikan Jokowi pada pengundian nomor urut sudah seharusnya jika Pilpres 2019 benar-benar menjadi pesta demokrasi yang bermanfaat untuk rakyat Indonesia. 
   
"Yakni sebagai sarana mengisi dan mengajarkan pendidikan politik untuk pendewasaan sekaligus mencerdaskan rakyat," katanya. 
   
Michael menekankan bahwa Pilpres 2019 harus menampilkan adu program, gagasan, ide, dan rekam jejak. Bukan sebaliknya, memunculkan fitnah, saling mencemooh dan saling menghina satu sama lain. 
   
"Sebab tindakan itu jauh dari nilai-nilai Indonesia. Pesannya Pak Jokowi sudah sangat jelas, semua anak bangsa harus bersatu untuk Indonesia Maju," demikian Michael Umbas.
   
Sebelumnya, pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres), Joko Widodo-Ma'ruf Amin, mendapatkan nomor urut 1 dalam pengundian yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang digelar di Ruang Sidang Utama Gedung KPU, Jl Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat malam. 
   
Sementara pasangan capres-cawapres, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, mendapatkan nomor urut 2. Dalam pengundian itu, cawapres dari dua kubu mengambil undian tahap pertama yakni untuk menentukan siapa yang akan mengambil nomor urut capres-cawapres terlebih dulu. 
 
Dua cawapres, Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno, selanjutnya maju mengambil pengundian tahap pertama. Sandi mendapatkan angka 1, sementara Ma'ruf mendapatkan angka 2. Karena mendapatkan nomor 1, selanjutnya Prabowo mengambil undian dan mendapatkan nomor urut 2. Adapun Jokowi mendapatkan nomor urut 1.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018