Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo ingin memastikan penanganan atas dampak gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah betul-betul menjangkau korban bencana itu.

"Bertolak dari Pangkalan TNI AU Adi Soemarmo Surakarta, menuju Kota Palu.Saya ingin melihat sendiri dan memastikan penanganan atas dampak bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah betul-betul menjangkau saudara-saudara kita di sana," cuit Presiden Jokowi melalui akun twitternya, Minggu. 

Cuitan yang diunggah sekitar pukul 11.18 WIB itu hingga pukul 13.40 WIB diretweet sekitar 2.500 kali dan disukai 6.100 kali.

Presiden Joko Widodo bertolak ke Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, pada dua hari pascabencana untuk meninjau langsung daerah terdampak gempa dan tsunami. 

Presiden Jokowi sesuai keterangan Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin di Jakarta, Minggu, saat mendengar gempa dan tsunami terjadi di Provinsi Sulawesi Tengah langsung memerintahkan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Panglima TNI, Kapolri dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk melaksanakan operasi tanggap darurat. 

Menko Polhukam, Panglima TNI, Menteri Dalam Negeri, Menteri Perhubungan, Menteri Komunikasi dan Informatika, Menteri Sosial, Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Kepala BNPB, Wakapolri  telah tiba di Palu, Sabtu (29/9).

Menteri Sekretaris Negara Pratikno kepada Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden pada Sabtu (29/9) malam menjelaskan bahwa Presiden memutuskan meninjau langsung ke Provinsi Sulawesi Tengah, khususnya Kota Palu untuk mengetahui kondisi pascabencana saat ini. 

“Presiden akan memberikan arahan terkait prioritas yang harus dilakukan, serta keputusan yang diperlukan terkait dengan dampak bencana di lapangan. Fokus utama saat ini adalah evakuasi korban dan juga pengiriman bantuan,” ucap Pratikno.

Selain itu, sulitnya melakukan koordinasi dalam menangani dampak gempa dan tsunami akibat terputusnya jalur komunikasi menjadi faktor lain yang membuat Kepala Negara bersegera meninjau langsung ke daerah terdampak gempa dan tsunami.

Baca juga: Presiden ke Palu tinjau daerah terdampak gempa

Pewarta: Agus Salim
Editor: Sigit Pinardi
Copyright © ANTARA 2018