Simpang Empat, Sumbar, (ANTARA News) - Jajaran Puskesmas Sasak Ranah Pasisia Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) mengadakan layanan kesehatan keliling gratis kepada korban banjir beberapa waktu lalu.

Petugas menggunakan ambulance double gardan untuk menempuh perjalanan ke daerah terisolir yang berada cukup jauh dari puskesmas dengan kondisi medan yang sulit.

"Jajaran petugas medis Puskesmas Sasak terus melakukan layanan kesehatan keliling korban banjir di berbagai wilayah yang terdampak banjir akibat medan yang sulit dan jarak yang jauh," kata Kepala Puskesmas Sasak, Irwanto.

Ia mengatakan salah satu lokasi pelayanan keliling gratis itu berada di sekitar kampung proyek empat dan proyek lima Jorong Pisang Hutan.

Di lokasi itu petugas melayani puluhan masyarakat yang sakit akibat dampak dari banjir dan cuaca ekstrem beberapa waktu lalu, seperti demam dan mengalami gatal-gatal.

Menurutnya layanan kesehatan keliling ini sudah dilakukan sejak bencana banjir pada 8 November lalu.

Sebelumnya Puskesmas Sasak Ranah Pasisia juga membuka posko kesehatan di daerah Rantau Panjang dan sekitarnya serta menyambangi masyarakat Nagari Maligi yang terdampak banjir.

Ia menyebutkan setelah kondisi kesehatan masyarakat dipastikan aman, petugas melakukan layanan kesehatan lain di daerah yang masih terdampak.

Selain di proyek lima dan empat, pihaknya juga melakukan pengobatan gratis di Jorong Pondok Sasak.*


Baca juga: Kapal puskesmas tenggelam di Anambas, empat penumpangnya meninggal

 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018