Jakarta (ANTARA News) - Desa Lerep di Kabupaten Semarang terpilih sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan terbaik I tahun 2018 untuk tingkat nasional dari total 477 desa yang sudah mengikuti program tersebut.

BPJS Ketenagakerjaan di perayaan hari jadinya ke-41, pada 5 Desember 2018 di Jakarta, Rabu, memberi penghargaan kepada delapan desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan terbaik dengan disaksikan undangan dan kepala daerah (bupati dan walikota) terkait.
 
Desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan terbaik  II adalah Desa Karangloe  di Kabupaten Tuban lalu yang ketiga Desa Rambah Hilir di Kabupaten Rokan Hulu.

Kategori lain, Desa Diseminasi Terbaik diraih Desa Catakgayam di Kabupaten Jombang,  Desa Coverage Terbaik diraih Desa Mekar Jaya di Kabupaten Tanah Bumbu.

Desa Branding Terbaik diraih Desa Mulia Kencana - Kabupaten Mimika, Desa Regulasi Terbaik diraih Desa Hessa Air Genting di Kabupaten Asahan dan Desa Inisiatif Terbaik dan Desa Latuhalat di Kota Ambon

Penghargaan diserahkan langsung oleh Sekjen Kemnaker Khairul Anwar bersama Dirut BPJS Ketenagakerjan Agus Susanto kepada  Bupati Kab. Semarang Mundjirin; Bupati Kab. Tuban Fathul Huda; Bupati Kab. Rokan Hulu Sukiman; Bupati Kab. Jombang, Mundjidah Wahab; Bupati Kab. Tanah Bumbu Sudian Noor; Bupati Kab. Mimika Eltinus Omaleng; Asisten I Kab. Kisaran John Hardi Nasution dan Wakil Walikota Ambon Syarif Handler.

Agus mengatakan apresiasi ini adalah dukungan BPJS-TK kepada kepala daerah dan kepala desa yang peduli dan berprestasi melaksanakan program pemerintah, khususnya jaminan sosial ketenagakerjaan.

Penilaian penghargaan didasarkan pada aspek diseminasi, aspek regulasi, aspek inisiatif dan aspek cakupan (coverage) yang telah dilakukan oleh masing-masing pemerintah daerah dan pemerintah desa yang masuk dalam program desa sadar jaminan sosial Ketenagakerjaan.

Program Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan merupakan program strategis dalam memberikan informasi dan edukasi  pentingnya jaminan sosial kepada masyarakat pekerja di Desa, guna meningkatkan kesejahteraan warga di desa melalui program Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun dan Jaminan Kematian

"Penyelenggaraan program ini sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk membangun Indonesia dari pinggiran dan memperkuat daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui jaminan sosial untuk seluruh rakyat," kata Agus.

Dia berharap semakin banyak masyarakat pekerja di seluruh Indonesia yang terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan. ***4***


Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan-Kemenaker siapkan perlindungan komprehensif TKI

Baca juga: BPJS-TK: Pemulung bisa diikutsertakan program JKK

Baca juga: BPJS-TK sudah kantongi hasil investasi Rp23 triliun


 

Pewarta: Erafzon Saptiyulda AS
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2018