Sampai saat ini belum ada laporan dari masyarakat maupun tim kami yang mengecek ke sejumlah lokasi juga tidak menemukan dampak adanya kerusakan akibat gempa tersebut
Wonosobo (ANTARA News) - Gempa bumi tektonik yang terjadi di wilayah Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Senin pukul 20:05:40 WIB hingga saat ini tidak ada laporan kerusakan atau korban, kata Koordinator SAR Wonosobo, Muhail.

"Sampai saat ini belum ada laporan dari masyarakat maupun tim kami yang mengecek ke sejumlah lokasi juga tidak menemukan dampak adanya kerusakan akibat gempa tersebut," katanya di Wonosobo, Senin malam.

Ia menuturkan setelah terjadi gempa, anggota SAR Wonosobo melakukan pengecekan di beberapa wilayah, antara lain di Watumalang, Selomerto, Kaliwiro, dan Sukoharjo, namun hasilnya nihil.

Ia mengatakan gempa tersebut memang dirasakan warga, tetapi tidak begitu besar.

"Hampir semua warga Wonosobo merasakan gempa yang terjadi malam ini, tetapi goncangannya tidak terlalu besar. Mudah-mudahan gempa tidak berdampak serius," katanya.

Gempa bumi terjadi pada hari Senin, 10 Desember 2018 pukul 20:05:40 WIB. Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa bumi berada pada koordinat7.42 derajat LS dan 109.87 derajat BT (7 kilometer sebelah barat daya Wonosobo, Jateng), dengan magnitudo 2.7 pada kedalaman 11 kilometer.

Baca juga: Mencermati kearifan lokal dalam membangun hunian pascagempa

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2018