Lampung (ANTARA News) -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan kemeja putih, celana jeans, dan sepatu sneakers saat tiba di Provinsi Lampung untuk melihat langsung upaya penanganan pasca-bencana tsunami Selat Sunda yang berdampak ke sebagian wilayah di provinsi tersebut.

Presiden Jokowi dan rombongan berangkat dari Pangkalan TNI AU Halim Perdana Kusuma Jakarta, Rabu, sekitar pukul 08.30 WIB.

Setibanya di Bandara Radin Inten II sekitar pukul 09.03 WIB, Jokowi dan rombongan langsung menuju Desa Kunjir, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan. 

Desa tersebut merupakan wilayah yang terdampak tsunami Selat Sunda pada 22 Desember 2018 malam.

Di desa itu Presiden Jokowi akan meninjau langsung upaya penanganan dampak bencana tsunami Selat Sunda.

Selain Desa Kunjir, Mantan Gubernur DKI itu juga akan meninjau penanganan di Desa Way Muli yang juga terdampak tsunami.

Setelah itu, Kepala Negara dijadwalkan menemui sejumlah pengungsi tsunami Selat Sunda di Tenis Indoor Kecamatan Kalianda, Lampung Selatan.
Turut mendampingi Presiden dalam kunjungan kerja ke Lampung yakni Menteri Kesehatan Nila F Moeleok, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Akibat bencana tsunami Selat Sunda tercatat 437 orang meninggal dunia dan 7.202 luka-luka, sementara jumlah pengungsi mencapai 34.817 orang.
Di Provinsi Lampung beberapa wilayah yang terdampak meliputi Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Tenggamus, dan Kabupaten Pesawaran.

Baca juga: Pemerintah ingin percepat penanganan dampak tsunami Selat Sunda

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019