Jakarta (ANTARA News) -  Jembatan Layang atau "fly over" Cengkareng B arah Kembangan menuju Cengkareng kembali beroperasi pasca-perbaikan retakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Fly over telah selesai perbaikan. Sudah dibuka kemarin (Kamis) pukul 23.00 WIB," ujar Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Erwin di Jakarta, Jumat.

Pantauan di lokasi, jembatan layang Cengkareng B arah Kembangan ke Cengkareng telah dibuka bagi kendaraan roda dua maupun roda empat.

Tidak diberlakukan lagi pengalihan arus lalu lintas yang diberlakukan selama proses perbaikan jembatan layang Cengkareng B. Arus lalu lintas berlangsung normal seperti sedia kala.

Namun, masih terdapat penyangga jembatan layang yang dipergunakan selama proses perbaikan. Penyangga tersebut rencananya akan segera dibongkar.

"Kami baru memulai proses pembongkaran," ujar dia.

Sebelumnya, Kementerian PUPR melakukan perbaikan yang mencakup penggantian perletakkan atau landasan (pot bearing), sambungan siar muai (expansion joint) pada pilar 4 dan pilar 11 dari keseluruhan 14 pilar di jalan layang tersebut.
   
Jembatan layang yang diperbaiki melayani lalu lintas satu arah dengan 2 lajur, yakni dari Kembangan menuju Kamal-Cengkareng. Setiap harinya, jembatan tersebut dilalui kendaraan kecil dan truk-truk kontainer dari dan menuju kawasan industri serta pergudangan di kawasan Kamal-Cengkareng dan sekitarnya.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019