Kodim Berau gagalkan penyelundupan sabu-sabu 7,09 kg

id kurir sabu,bandar sabu,penyelundupan sabu,narkotika

Kodim Berau gagalkan penyelundupan sabu-sabu 7,09 kg

Ilustrai paket sabu-sabu (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Samarinda (ANTARA News) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0902/Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur, berhasil menggagalkan penyeludupan narkotika jenis sabu-sabu seberat 7,09 kilogram (kg) yang dibawa oleh pelaku berinisial M (21).

Dandim 0902/Tanjung Redeb Letkol Kav Ilham Faisal Siregar melalui Kepala Penerangan Korem 091/Aji Surya Natakesuma, Kapten Arh Asrul Aziz di Samarinda, Kamis, mengatakan bahwa penangkapan terhadap pelaku dilakukan pada Rabu (23/1) sekitar pukul 15.30 waktu setempat.

Menurutnya, pengungkapan kasus ini berawal dari informasi masyarakat adanya seseorang dengan gelagat mencurigakan, sehingga masyarakat melaporkan kepada anggota Kodim 0902/Tanjung Redeb.

Berdasarkan dari informasi yang dikumpulkan, barang haram tersebut dibawa pelaku dari Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, yang hendak dibawa ke Samarinda, Ibu Kota Provinsi Kalimantan Timur. Namun, pelaku sempat istirahat di Berau menunggu transportasi selanjutnya.

Setelah mendapat informasi dari masyarakat, lanjutnya, kemudian Letkol Kav Ilham Faisal Siregar memerintahkan dua orang personelnya untuk langsung mengembangkan informasi sekaligus melakukan pengembangan ke tempat kejadian perkara (TKP).

Setelah melakukan pemantauan di lapangan dan ditemukan ciri-ciri orang yang dicurigai, anggota Kodim pun langsung melakukan pemeriksaan.

Pelaku yang diduga membawa sabu-sabu sempat berusaha melarikan diri, namun tidak bisa. Setelah digeledah di dalam tas milik pelaku, anggota Kodim 0902 menemukan beberapa bungkusan mencurigakan.

"Personel kami langsung mengintrogasi pelaku, dan pelaku mengakui jika bungkusan tersebut adalah narkotika jenis sabu," tuturnya.

Ia melanjutkan, pelaku dan barang bukti yang berhasil disita kemudian diamankan ke Koramil Sambaliung. Sedangkan Komandan Kodim yang menerima laporan itu langsung memerintahkan Pasi Intel Kodim untuk melakukan pemeriksaan lanjutan.

"Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Kami langsung berkoordinasi dengan Polres Berau, kemudian pelaku dan barang bukti yang sudah berhasil diamankan kami serahkan kepada Polres Berau untuk dilakukan langkah hukum lebih lanjut," ucap Letkol Kav Ilham Faisal.

Baca juga: Pengedar sabu sembunyikan dompet dalam mulut

Baca juga: Polisi gagalkan penyelundupan 15 kilogram sabu-sabu asal Malaysia

Baca juga: Penyelundup narkoba asal Prancis kabur dari rutan

Pewarta : M.Ghofar
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar