Menteri PUPR terima Golden Award SIWO PWI 2019

id menteri pupr,golden award siwo pwi 2019,hpn,asian games,hari pers nasional,hpn 2019

Menteri PUPR terima Golden Award SIWO PWI 2019

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono (kanan) (Kementerian PUPR)

Jakarta (Antara) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerima dua penghargaan Golden Award SIWO PWI Pusat 2019 sebagai salah satu kementerian yang mendukung kesuksesan Asian Games dan Asian Para Games 2018.

"Penghargaan yang diberikan bagi saya adalah sebuah kejutan," kata Basuki Hadimuljono dalam rilis Kementerian PUPR yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Menteri Basuki yang juga merupakan Ketua Umum Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) menerima Golden Award kedua untuk Tim Rowing Putra Asian Games 2018 sebagai Tim Terbaik yang meraih satu medali Emas. 

Acara penghargaan SIWO PWI (Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia) Pusat 2019 dilakukan dalam rangkaian Hari Pers Nasional 2019 yang digelar di Gedung Grahadi Surabaya, Jawa Timur, Jumat (8/2) malam. 

Penghargaan diberikan kepada sejumlah menteri/pejabat tinggi negara, kepala daerah, atlet, pelatih, media dan tokoh.

Menteri Basuki menyampaikan bahwa Dalam pelaksanaan Asian Games dan Asian Para Games 2018, pembangunan venue dan non venue yang dilakukan Kementerian PUPR adalah untuk melaksanakan tugas yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla.

Ia mengemukakan bahwa waktu umumnya yang diperlukan dalam penyiapan sarana dan prasarana Asian Games adalah empat tahun, namun Indonesia dapat menyelesaikannya dalam waktu kurang dari empat tahun. 
    
"Penyiapan sarana dan prasarana dilakukan dalam waktu relatif singkat, kurang dari 2 tahun. Hal ini yang membuat pihak OCA dan IOC sangat mengapresiasi Indonesia," katanya.

Selain itu, ujar dia, venue yang dibangun semua sudah berstandar internasional dan beberapa diantaranya bahkan diakui hingga saat ini sebagai yang terbaik, seperti tata lampu Stadion Utama GBK. 

Dalam mendukung Asian Games 2018, Pemerintah membangun dan merevitalisasi sebanyak 79 venue pertandingan, terdiri dari 33 venue dikerjakan langsung oleh Kementerian PUPR, 27 venue oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jakarta, Jawa Barat dan Sumatera Selatan dan 19 venue oleh Inasgoc. 

Di samping venue, Kementerian PUPR juga ditugaskan membangun 14 sarana pendukung (non-venue) diantaranya Wisma Atlet Kemayoran dan Jakabaring, serta penataan kawasan kompleks GBK dan Jakabaring. Dalam melaksanakan proyek-proyek tersebut, Kementerian PUPR senantiasa memperhatikan aspek kekuatan, kerapihan, kenyamanan, serta keselamatan bangunan.

Anggaran yang digunakan untuk mendukung infrastruktur Asian Games dan Asian Para Games 2018 secara keseluruhan mencapai Rp7,4 triliun yang terdiri dari anggaran Ditjen Cipta Karya sebesar Rp3,7 triliun, Ditjen Penyediaan Perumahan sebesar Rp3,6 triliun dan Ditjen Sumber Daya Air sebesar Rp144,2 miliar.*

Baca juga: Ketua DPD raih penghargaan Warta Bhakti Utama

Baca juga: Labor Institute: perlu regulasi khusus untuk lindungi pekerja pers


 

Pewarta : M Razi Rahman
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar