Mataram (ANTARA) - Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Nusa Tenggara Barat mengutuk keras penembakan brutal yang terjadi di masjid Kota Christchurch, Selandia Baru.

"Kami NU NTB mengutuk keras tindakan tak berkeperikemanusiaan, dan itu jelas sebagai sikap yang biadab," ucap Ketua PWNU NTB Prof Masnun Taher di Mataram, Jumat malam.

Masnun mengatakan apapun yang menjadi motif pelaku penembakan yang dilakukan di Masjid Kota Christchurch, Selandia Baru, jelas  bertentangan dengan sikap kemanusiaan, dan  itu adalah perilaku biadab.

"Saya berharap otoritas setempat segera dapat memulihkan keadaan dan masyarakat merasa aman. Pelakunya juga dapat ditangkap hidup-hidup, sehingga diperoleh keterangan memadai siapa dan apa motifnya serta dapat diseret ke pengadilan untuk dimintai pertanggungjawaban," ucapnya.

Selain itu,  otoritas Selandia Baru diminta mengambil kebijakan strategis lebih jauh untuk melindungi masyarakat, khususnya saudara-saudara muslim dan umumnya masyarakat setempat.

"Intinya saya mewakili pengurus NU di NTB mengutuk keras tindakan teror, dengan motif apapun, serta semua bentuk kebiadaban yang melukai orang lain, dan yang mengganggu keamanan dan kenyamanan harus ditindak tegas," katanya. 

 

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Eddy K Sinoel
Copyright © ANTARA 2019