Jumat (22/3) para peserta sudah mulai berdatangan. Sedangkan pembukaan Rakor Apeksi akan dilaksanakan pada Sabtu (23/3)
Surabaya (ANTARA) - Kota Surabaya menjadi menjadi tuan rumah perhelatan Rapat Koordinasi Komisariat Wilayah IV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia ke-15 yang akan diselenggarakan di salah satu hotel di Kota Pahlawan, Jatim, pada 22-24 Maret 2019.

"Jumat (22/3) para peserta sudah mulai berdatangan. Sedangkan pembukaan Rakor Apeksi (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) akan dilaksanakan pada Sabtu (23/3)," kata Kepala Bagian Administrasi Kerja Sama Pemkot Surabaya Dewi Wahyu Wardani di Surabaya, Kamis.

Menurut dia, kegiatan ini nantinya akan diikuti oleh 13 kota anggota Apeksi wilayah IV yang terdiri dari Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kota Malang, Kota Kediri, Kota Madiun, Kota Blitar, Kota Batu, Kota Probolinggo, Kota Pasuruan, Kota Bima, Kota Kupang, Kota Mataram dan Kota Denpasar.

Adapun beberapa kegiatan yang akan mengisi acara Apeksi di antaranya, penanaman pohon, kunjungan lokasi bagi para pendamping, welcome dinner, seminar, dan bergabung dengan acara Surabaya Vaganza.

Pembukaan Apeksi akan dihadiri oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, para peserta yang terdiri dari wali kota, Ketua Dewan Apeksi Pusat, dengan narasumber dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

"Acara diperkirakan selesai pukul 13.00 WIB. Nah, untuk malamnya mereka akan bergabung dengan acara welcome dinner Surabaya Vaganza," ujarnya.

Kemudian, lanjut dia, para peserta Apeksi yang terdiri dari wali kota ini akan mengikuti kegiatan Surabaya Vaganza pada Minggu (24/3) pagi. Para wali kota ini akan dimanjakan dengan kegiatan parade bunga dalam rangka menyambut Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-726.

"Kita sudah menyiapkan 20 mobil willys (jeep) dan kita hias dengan bunga. Jadi besok pada Hari Minggu para wali kota ini akan ikut pawai tapi mereka di mobil willys, sudah kita siapkan," katanya.

Sementara bagi para pendamping atau istri wali kota, Dewi menjelaskan, Pemkot Surabaya telah menyiapkan kegiatan berupa program ekonomi kreatif. Mereka diajak belajar tentang bagaimana Pemkot Surabaya mengembangkan ekonomi kreatif, yaitu di Dolly, Kaza.

"Mereka juga ke Siola belajar tentang Puspaga, tentang bagaimana ibu wali kota menangani anak-anak berkebutuhan khusus," katanya.

 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019