Dalam pengiriman bantuan ini kita bekerjasama dengan maskapai Citilinkdalam proses pengirimannya. Bantuan logistik ini juga dibarengi dengan keberangkatan Tim Penanggulangan Bencana dariPMI Pusat.
Papua (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) mengirimkan bantuan logistik dan tim dari pusat untuk membantu warga yang terdampak bencana banjir bandang yang menerjang sejumlah distrik di Jayapura, Papua

"Dalam pengiriman bantuan ini kita bekerja sama dengan maskapai Citilink dalam proses pengirimannya. Bantuan logistik ini juga dibarengi dengan keberangkatan Tim Penanggulangan Bencana dari PMI Pusat," kata Kepala Markas PMI Pusat Marsda TNI (Purn) Sunarbowo Sandi melalui sambungan telepon, Jumat (22/3).

Adapun bantuan yang dikirimkan tersebut berupa 500 family kit, 500 kitchen were, 500 hygiene kit, 500 selimut dan alat untuk membersihkan lumpur seperti skop. Bantuan ini dikirimkan dalam empat tahap  yang akan segera didistribusikan kepada korban yang terdampak bencana banjir.

Sementara, kepala Divisi Penanggulangan Bencana PMI Pusat Arifin M Hadi menambahkan selain bantuan logistik PMI pusat juga mengirimkan armada truk tangki air bersih untuk mendukung pelayanan dalam tanggap darurat bencana.

"Fokus pelayanan PMI saat ini adalah selain terus membantu proses evakuasi, asesmen juga pelayanan kesehatan kerja sama salah satu provider telekomunikasi, serta distribusi bantuan logistik," katanya menambahkan.

Selain itu fokus pelayanan saat ini adalah water sanitasi and hygiene (WASH) dan membantu pembersihan sumur warga dengan alcon. Pihaknya juga melakukan pendampingan pelayanan psikososial support program (PSP) untuk korban yang masih mengalami duka di beberapa titik pengungsian.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019