Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan, terutama untuk program vokasi
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang menyelenggarakan "Fintech Hackathon Day" yang digelar di Institut Teknologi Bandung (ITB), Jawa Barat, pada tanggal 8-10 April 2019 menyatakan bahwa ajang itu bisa untuk meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan tinggi vokasi.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan, terutama untuk program vokasi," kata Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Prof Ismunandar, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Baca juga: UI gagas konferensi internasional pendidikan tinggi Vokasi

Hackathon Day mengusung tema "Training/Workshop Program Hackathon Inovasi dan Kreasi Ide Pembelajaran Financial Technology (Fintech) Perguruan Tinggi". Kegiatan itu dibagi ke dalam tiga jenis pengembangan program kurikulum dan pembelajaran Fintech perguruan tinggi.

Ismunandar menjelaskan kegiatan tersebut merupakan implementasi program bimbingan teknis pengembangan pembelajaran melalui kerja sama dengan Singapura, yang Memorandum of Understanding (MoU)-nya telah ditandatangani di Singapura antara Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Indonesia dan Menteri Pendidikan Singapura pada akhir 2017.

Ismunandar juga berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kapasitas para dosen untuk mampu mengembangkan kurikulum dan pembelajaran terkait teknologi finansial dalam kerangka pengembangan ekonomi digital Indonesia.

Selain itu juga dapat menyiapkan generasi muda yang andal untuk mampu terjun dalam dunia bisnis berbasis digital, serta rancangan pedagogi inovasi dan penciptaan ide teknologi finansial.

Baca juga: Hadapi Industri 4.0, Kepala Bappenas akan perkuat pendidikan vokasi

Baca juga: Pemerintah siap laksanakan pendidikan vokasi besar-besaran tahun depan

Pewarta: Indriani
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019