Jakarta (ANTARA) - Sejumlah sanggar seni tari turut meramaikan parade budaya Konser Putih Bersatu yang turut dalam iringan kereta kencana Calon Presiden RI Joko Widodo.

Para penari dari tiga sanggar tari menanti acara parade di depan halaman Stadion Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Sabtu.

"Ini menjadi kebanggaan tersendiri untuk kami. Saya apresiasi Pak Jokowi yang mengambil tema parade budaya nusantara," kata pimpinan Sanggar Tari Pesona Nusantara Priyo (40) kepada ANTARA di halaman Stadion Tenis Indoor, Senayan Jakarta.

Priyo berharap ke depannya Jokowi terus melestarikan dan memelihara kesenian budaya Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Priyo dari Sanggar Pesona Nusantara akan membawakan Tari Sepayung Nusantara dengan 16 penari dan delapan pemusik dari Sanggar Kemlaka.
Sejumlah penari sanggar seni yang akan ikuti parade budaya nusantara calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo di Stadion Tenis Indoor Senayan, pada Sabtu (13/4/2019). (Bayu Prasetyo)

"Seni dan budaya memang harus terus dilestarikan, caranya dengan mewarisi kepada anak-anak dan pemuda, baik melalui sekolah maupun sanggar-sanggar. Karena orang bule pun suka dengan kesenian dan budaya kita, itu buktinya," kata Priyo.

Sementara itu, Sanggar Kinara Kinari pimpinan Eko Sunyoto (46) akan mengikuti parade dengan Tari Gedruk dan Tari Topeng Ireng sebanyak 50 penari.

"Sanggar Kinara Kinari ini dari Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Kami persiapan di sini sudah dari kemarin (Jumat)," ujar Eko.

Sementara itu, Sanggar Gatra dari Provinsi Bengkulu akan memamerkan Tari Payung dan musik Dhol.

Parade budaya akan diikuti juga oleh kereta kencana yang ditumpangi Pasangan Calon Nomor Urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019