Pekanbaru (ANTARA) - PT PLN (Persero) menyiapkan 39 posko siaga untuk wilayah pelayanan Pekanbaru, Provinsi Riau, untuk menjamin pasokan listrik pada pelaksanaan Pemilu serentak 2019 tanggal 17 April.

Manajer PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3), Himawan Sutanto, di Pekanbaru, Selasa, mengatakan PLN telah berhasil menyiagakan pasokan listrik pada saat Ujian Nasional Berbasis Komputer tingkat SLTA pada bulan ini, dan 39 posko tersebut juga berfungsi untuk menyiapkan pengamanan pasokan listrik pada saat pemilu.

Himawan Sutanto mengatakan telah menyiapkan posko siaga PLN di beberapa kota yang masuk wilayah kerja PLN UP3.

“Terdapat 39 posko siaga PLN telah disiapkan yang tersebar pada wilayah pelayanan PLN UP3 Pekanbaru yaitu Kota Pekanbaru, Kabupaten Pasir Pangaraian, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Siak dan Kabupaten Kampar,” katanya.

Selain itu, ia mengatakan PLN juga menyiapkan 24 Unit genset dan ratusan personel. Total ada 221 personel yang turut disiagakan untuk berjaga dari tanggal 15 April - 24 April 2019.

Mereka ditempatkan di 71 posko Panitia Pelaksana Kecamatan (PPK), Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) dan Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu).

“Hal ini kami siapkan karena diperlukannya keandalan listrik pada rekapitulasi perhitungan suara dan kita juga memasang lampu darurat pada setiap PPK,” katanya.

Ia mengatakan kondisi kelistrikan di Pekanbaru sebenarnya relatif aman, namun PLN tetap bersiaga untuk mencegah terjadinya gangguan listrik yang tidak terjadwal.

“Semoga pasokan sistem kelistrikan untuk Pemilu lancar dan aman,” katanya.

Hari pemungutan suara Pemilu serentak 2019 akan berlangsung pada Rabu tanggal 17 April 2019. Warga yang punya hak pilih akan menentukan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia  dan memilih anggota DPR RI, DPD RI dan DPRD provinsi serta kabupaten/kota.

Pewarta: FB Anggoro
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019