Pilih capres-cawapres sesuai hati nurani bukan karena paksaan atau tekanan,
Jakarta (ANTARA) - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir meminta mahasiswa untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) pada 17 April 2019 dan jangan golongan putih (golput).

"Kami menghimbau kepada mahasiswa untuk jangan golput karena itu sama saja dengan mencederai demokrasi," ujarnya di Semarang, Selasa.

Untuk itu,tambahnya mahasiswa harus menggunakan hak pilihnya sesuai dengan nurani, pilihannya dan pandangannya. Begitu juga dengan dosen yang ada perlu menggunakan hak pilihnya.

Menurut Nasir, pilihan yang diberikan itu akan menentukan masa depan bangsa selama lima tahun ke depan.

"Pilih capres-cawapres sesuai hati nurani bukan karena paksaan atau tekanan," lanjut dia.

Ia mengaku akan menggunakan hak pilihnya di Semarang. Meski demikian, ia masih merahasiakan apa pilihannya.

"Mau tahu apa pilihannya, tunggu besok," ujar dia berseloroh.

Pemilu serentak di Indonesia berlangsung pada Rabu, 17 April 2019, mulai pukul 07.00 hingga 13.00. Pada saat mendatangi TPS, pemilih diwajibkan membawa surat undangan memilih atau Formulir C6 dan KTP, untuk kemudian menyerahkan kepada petugas KPPS.

Selanjutnya, pemilih akan diberikan lima jenis surat suara untuk dicoblos, yakni abu-abu untuk memilih presiden dan wapres, kuning untuk memilih anggota DPR RI, merah untuk memilih anggota DPD RI, biru untuk memilih anggota DPRD provinsi dan hijau untuk anggota DPRD kabupaten-kota.

Pewarta: Indriani
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019