Kami tetap mengawal dalam pesta demokrasi, agar suara yang telah disalurkan di TPS dijaga setelah para pemilih telah menjatuhkan pilihannya ke pasangan calon yang mereka pilih
Ternate (ANTARA) - Polda Maluku Utara (Malut) menyatakan pemilu presiden/wakil presiden dan pemilu legislatif 17 April 2019 di Malut secara umum relatif berjalan secara aman dan demokratis di 10 kabupaten/kota di wilayah tersebut.

Kabid Humas Polda Malut, AKBP Hendri Badar kepada Antara di Ternate, Kamis, meminta seluruh masyarakat untuk menghormati hasll pemilu yang sudah berlangsung 17 April dan tidak ada kendala, meskipun ada sejumlah TPS yang dilaporkan kekurangan surat suara.

Menurut Hendri, berbagai persoalan mulai dari kekurangan surat suara telah diselesaikan penyelenggara di Malut, sehingga bisa teratasi.

"Mari kita menciptakan kesejukan dan semangat kekeluargaan pasca-pencoblosan hasil pemilu 2019, meskipun proses politik ini mengalami dinamika dan mengganggu situasi kamtibmas, tetapi semuanya bisa diselesaikan secara baik," katanya.

Oleh karena itu, Hendri meminta baik pendukung maupun tim sukses calon presiden/wakil presiden maupun calon anggota legislatif agar percayakan kepada penyelenggara melakukan penghitungan surat suara hasil pemilu 2019 secara berjenjang mulai dari tingkat TPS hingga ke KPU tingkat provinsi Malut.

"Kami tetap mengawal dalam pesta demokrasi, agar suara yang telah disalurkan di TPS dijaga setelah para pemilih telah menjatuhkan pilihannya ke pasangan calon yang mereka pilih," katanya.

Selain itu, untuk daerah yang rawan konflik, menurut Kapolda, rawannya itu dari segi biografisnya, karena dalam pengkajian, ada TPS yang rawan dan kurang rawan.

Sedangkan, untuk TPS yang rawan, akan disiapkan dua keamanan dan dua linmas dalam satu TPS dan TPS kurang rawan disiapkan satu polisi buat dua TPS.

Dia mengatakan, seluruh personelnya yang ditugaskan di TPS tetap mengawal pergerakan surat suara dan kotak suara yang telah selesai di rekap untuk selanjutnya di bawa ke PPK tingkat kecamatan hingga ke KPU.

Baca juga: Kapolres: Tanjungpinang relatif aman pascapemungutan suara
Baca juga: Bukti pelanggaran pemilu sedang dikumpulkan BPN
Baca juga: TPS pemilu susulan di Jayapura Selatan mulai penghitungan suara

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019