Jayapura (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu Kota Jayapura, Papua, menyatakan seluruh logistik pemilu baik kotak maupun surat suara dari seluruh tempat pemungutan suara  sudah terkumpul di suatu tempat yang telah ditentukan oleh KPU setempat

"Logistik pemilu di seluruh TPS yang ada di Kota Jayapura sudah dikumpulkan di suatu tempat untuk dilakukan penghitungan/rekapitulasi suara tingkat distrik oleh KPU, " kata Komisioner Bawaslu Kota Jayapura Rinto Pakpahan di Jayapura, Minggu.

Menurut dia, dari informasi yang didapat, sejak Rabu (17/4) hingga Jumat (19/4) malam, seluruh logistik pemilu baik surat suara maupun kotak suara di.semua TPS di Kota Jayapura sudah selesai dan telah dikumpulkan.

"Jadwal untuk rekapitulasi surat suara di tingkat distrik itu nantinya akan ditentukan oleh KPU Kota Jayapura," katanya.

Kini, menurut Rinto, pihaknya terus melakukan komunikasi dan konsolidasi dengan KPU setempat kapan rekapitulasi/penghitungan surat suara di tingkat distrik dilakukan.

Ia mengatakan,  ketentuan rekapitulasi/penghitungan surat suara itu sesuai dengan ketentuan dan kesepakatan KPU setempat, dan pihaknya tidak punya kewenangan soal itu.

"Paling tidak maih ada waktu jeda sekitar tiga sampai tujuh hari baru melakukan penghitungan suara tingkat distrik," katanya.

Ia menambahkan, pihaknya sudah mendapatkan informasi dari lima distrik yang ada di Jayapura terkait rapat persiapan rekapitulasi/penghitungan surat suara tingkat distrik.

"Distrik-distrik sudah melakukan rapat pembahasan untuk menentukan jadwalrekapitulasi/penghitungan suara," katanya.

Sesuai data dari Bawaslu Kota Jayapura, jumlah TPS di kota itu sebanyak 1.262. Dari jumlah itu,  di Distrik Abepura terdapat 369 TPS

Selanjutnya, TPS di Distrik Jayapura Selatan sebanyak 338, Distrik Jayapura Utara 278,  Distrik Heram 233 dan Distrik Muara Tami 44 TPS.

Pewarta: Musa Abubar
Editor: Eddy K Sinoel
Copyright © ANTARA 2019