Jayapura (ANTARA) - Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) dan ujian nasional berbasis kertas pensil (UNKP) tingkat SMP/MTs di Papua ditunda hingga Selasa (23/4).

"Memang betul pelaksaan ujian nasional tingkat SLTP dilaksanakan Selasa (23/4) atau sehari setelah tingkat nasional," kata Sekretaris Panitia Ujian Nasional Dinas Pendidikan Papua Bejo kepada Antara di Jayapura, Senin.

Dijelaskan, penundaan itu sesuai dengan surat dari Badan Standar Pendidikan Nasional (BSPN) tentang revisi jadwal UN SMP/Mts untuk Propinsi Papua, Papua Barat dan Nusa Tenggara Timur (NTT) yang menyatakan pelaksanaannya diundur dari Senin (22/4) hingga Kamis (25/4) menjadi Selasa (23/4) hingga Sabtu (27/4).

Selain perubahan jadwal ujian mata pelajaran yang diujikan juga berbeda yakni bila ujian serentak diawali Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA, namun khusus Papua, Papua Barat dan NTT menjadi Matematika, Bahasa Inggris, IPA dan Bahasa Indonesia.

Secara keseluruhan persiapan sudah baik karena soal-soal ujian untuk UNKP sudah berada di ibukota distrik, kata Bejo.

Menurutnya, seluruh sekolah yang melaksanakan UNBK dan UNKP sudah siap serta berharap tidak ada gangguan baik jaringan maupun listrik.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura Fachrudin Pasolo secara terpisah mengakui persiapan pelaksanaan UNBK di SMP/MTs sudah mencapai 99 persen.*


Baca juga: Hari kedua UNBK SMP di Papua masih diliputi gangguan jaringan



 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019