Jakarta (ANTARA) - Sejumlah petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) diperbantukan untuk memperlancar proses rekapitulasi suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pasar Minggu, Jakarta Selatan

"Itu instruksi KPU (Komisi Pemilihan Umum). Soalnya gak ada dana," kata Ketua PPK Pasar Minggu, Solihin, saat ditemui di Gelanggang Olahraga Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu.

Para petugas PPSU itu bukan hanya bertugas mengangkat, memindahkan dan mengatur kotak suara. Namun mereka juga turut membantu proses penghitungan dengan merentangkan Surat C1 di depan tim PPK.

Solihin menyatakan bahwa dana yang dipersiapkan hanya untuk TPS. Ia mengeluhkan minimnya dana yang dialokasikan kepada para petugas dengan beban kerja yang sangat berat.

Sementara itu, salah satu petugas PPSU yang diperbantukan, Joko menuturkan bahwa meski sedang membantu pekerjaan rekapitulasi suara, ia dan timnya masih dibebani pekerjaan rutin.

"Ya, biarpun bantu-bantu di sini, kami tetap kerja. Ini tadi pagi juga abis dari jalan," tutur Joko.

Joko yang berasal dari PPSU Kelurahan Jati Padang ini mengakui bahwa tanggung jawab ini sebenarnya sangat membebani timnya. Terlebih selama proses Pemilu Serentak 2019, ia baru mendapatkan satu hari libur.

"Ini nanti kan masih panjang prosesnya. Setelah selesai semua penghitungan, kami masih harus angkut lagi kotak-kotak suara ini ke tempat penyimpanan," ujarnya.

Pewarta: Sri Muryono dan A Rauf Andar Adipati
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019