Ibadah perayaan Paskah nasional di Poso diikuti belasan ribu jemaat

id Paskah Nasional,Poso,Sulteng

Ibadah perayaan Paskah nasional di Poso diikuti belasan ribu jemaat

Ketua Lembaga Paskah Nasional Pendeta Dr Sephart Supit menyerahkan Obor Paskah Nasional kepada Wakil Bupati Poso T Samsuri, di rumah jabatan Bupati Poso, Kamis. (FOTO ANTARA/Muhammad Hajiji)

Poso, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Belasan ribu jemaat umat Kristiani dari berbagai daerah mengikuti ibadah puncak perayaan Paskah tingkat nasional di Tentena, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Jumat.

"Ada sekitar 15.000 lebih jemaat yang hadir mengikuti ibadah puncak perayaan Paskah Nasional, di Tentena," kata Ketua Panitia Paskah Nasional 2019 di Kabupaten Poso, Putera Botilang.

Putera Botilang menjelaskan bahwa perayaan Paskah nasional di Kabupaten Poso mengangkat tema "Karya Terbesar Sintuwu Maroso".

Ia menjelaskan bahwa tema "Karya Terbesar" mengartikan bahwa Tuhan Yesus menyelamatkan manusia.

"Bahwa dalam Paskah nasional ini ada Tuhan Yesus untuk menyelamatkan manusia dari dosa-dosa," katanya.

Ia menyebut bahwa umat Kristiani sangat antusias dengan perayaan Paskah nasional di Kabupaten Poso. Kegiatan ini ditandai dengan perjalanan obor Paskah dari Kabupaten Tobasamosir Provinsi Sumatera Utara ke Poso.

Sebelum ke Kabupaten Poso, katanya, obor Paskah nasional diperjalankan dari Sumatera Utara ke Jakarta dan di terima oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada tanggal 1 Mei 2019.

Selanjutnya, dari Jakarta, obor Paskah nasional diperjalankan menuju Kota Palu pada tanggal 5 Mei dan dilepas langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Obor itu tiba di Kota Palu pada tanggal Rabu (8/5). Kemudian dilepas oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Hidayat Lamakarate menuju Kabupaten Poso pada Kamis (9/5).

Di Kabupaten Poso obor diterima oleh Wakil Bupati Poso T Samsuri di rumah jabatan Bupati Poso, Kamis (9/5). Di Poso, obor Paskah diserahkan oleh Ketua Lembaga Paskah Nasional Pendeta Dr Sephart Supit.

Pemerintah Kabupaten Poso dalam prosesi penyambutan menerima secara adat istiadat Kabupaten Poso yakni "Pekasiwia".

"Pekasiwia" merupakan upacara adat Poso yang dilakukan untuk menghomati tamu-tamu pemerintah. Penyerahan 'Pekasiwa' menandakan bahwa secara resmi rakyat dan Pemerintah Kabupaten Poso telah menerima seluruh tamu dan tombongan yang tiba.

Usai upacara seluruh tamu undangan yang terlibat dalam perayaan Paskah nasional antara lain organisasi keagamaan Kristiani meliputi PGI, Konferensi Wali Gereja Indonesia, Gereja Pantekosta, Kristen Ortodoks, PGLII, GKST, Bala Keselamatan dan Gereja Advent dipersilakan masuk ke rumah jabatan.

Selanjutnya, para tamu dipersilakan untuk mencicipi makanan yang telah disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Poso. Usai menjamu tamu tersebut, acara perayaan Paskah nasional di Poso diawali dengan seminar kerukunan dan pembangunan manusia.

Perayaan Paskah nasional di Kabupaten Poso digelar mulai 9 - 12 Mei 2019.

Baca juga: Umat kristiani di Palu lakukan kebaktian sambil berkebaya Kartini
 
Wakil Bupati Poso T Samsuri menerima Obor Paskah Nasional dari Ketua Lembaga Paskah Nasional Pendeta Dr Sephart Supit, di Rumah Jabatan Bupati Poso, Kamis. (FOTO ANTARA/Muhammad Hajiji)

Pewarta : Muhammad Hajiji
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar