Jambi (ANTARA) - Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS, di Jambi Selasa, menggelar pertemuan mendadak dengan para tokoh lintas agama, politik, pemuda dan masyarakat serta Forum Komunikasi Perangkat Daerah (Forkopimda) Provinsi Jambi, pasca kerusuhan di Jakarta.

Sekitar pukul 10.30 WIB, para tokoh agama, masyarakat, pemuda dan sejumlah tokoh politik. Mapolda untuk melakukan pertemuan dengan Kapolda dan Gubernur.

Pertemuan berlangsung di ruang coffee morning Mapolda Jambi. Tampak hadir dalam pertemuan tersebut Gubernur Jambi Gubernur Jambi Fachrori Umar, Danrem 042/Gapu Kolonel Arh. Elphis Rudy, Kajati Jambi Andi Nurwinah, dan Kabinda Jambi Brigjen Pol Dul Alim.

"Digelarnya pertemuan ini adalah inisiatif saya pribadi, menyikapi kondisi di Jakarta," kata Irjen Muchlis saat dikonfirmasi usai pertemuan.

Dari pertemuan hari ini, lanjut Muchlis, semua yang hadir berkomitmen menyampaikan kepada masyarakat Jambi bahwa situasi Jambi tetap sejuk, aman, dan damai.

"Masyarakat kita imbau tidak terprovokasi atau terimbas kejadian di Jakarta," kata Kapolda Jambi, Muchlis AS.

Untuk diketahui, pasca penetapan hasil Pilpres 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), sejumlah pihak menggelar aksi demo penolakan di Jakarta. Aksi tersebut juga diwarnai kericuhan dengan aparat yang melakukan pengamanan.

Masyarakat Provinsi Jambi diimbau untuk menjaga persatuan, kesatuan, dan persaudaraan, demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Imbauan ini disampaikan Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS, bersama Gubernur Jambi Fachrori Umar, Danrem 042/Gapu Kolomel Arh. Ephis Rudi, Kajati Jambi Andi Nurwinah, Kabinda Jambi Brigjen Dul Alim, serta tokoh agama dan tokoh masyaramat Jambi.

Kami dari Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah, mengimbau kepada seluruh masyarakat Jambi untuk tetap menjaga persatuan, kesatuan, dan persaudaraan demi keutuhan NKRI, kata Kapolda bersama Gubernur dan Forkopimda.

Mudah-mudahan di Jambi aman-aman saja, tidak terjadi hal-hal yang tidak baik, kata Gubernur Jambi Fachrori Umar saat dikonfirmasi usai menyampaikan imbauan.

"Jambi daerah yang aman dan damai. Mari kita sama-sama menjaganya," kata Muchlis AS.


Baca juga: Polda pastikan Kepri tetap aman
Baca juga: Polda Kalbar imbau masyarakat tenang dan jangan terpengaruh hoaks
Baca juga: Bus Transjakarta sepanjang jalur Halte Polda-Monas tak dilewati

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019