Jakarta (ANTARA) - Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan bantuan berupa bahan bangunan rumah kepada korban kebakaran di Kelurahan Krukut, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat, Selasa.

"Bantuan ini merupakan komitmen Bapak Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita dalam kunjungan beliau ke lokasi kebakaran awal Maret lalu. Saat itu beliau memerintahkan segera melakukan perbaikan dan pembangunan kembali rumah rusak," kata Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Harry Hikmat dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Harry sesaat setelah menyerahkan bantuan bertempat di Masjid Al-Ikhlas, Jalan Thalib II Krukut, Jakarta Barat, mengatakan bantuan tersebut diberikan setelah melalui proses pendataan, verifikasi dan validasi.

Ia mengatakan bantuan diberikan kepada korban kebakaran yang terjadi pada 26 Februari 2019 dan 17 Maret 2019. Bencana tersebut mengakibatkan 240 unit rumah mengalami kerusakan dengan kategori  rusak ringan sebanyak 39 rumah, rusak sedang sebanyak 15 rumah, dan rusak berat sebanyak 186 unit rumah.

"Bantuan diberikan secara nontunai sehingga bantuan yang diberikan dapat tepat jumlah, tepat jumlah, tepat administrasi, tepat waktu. Kali ini kami bekerja sama dengan Bank Mandiri sebagai bank penyalur," kata Harry.

Bantuan yang diberikan berdasarkan tingkat kerusakan rumah yaitu sebesar Rp2,5 juta untuk kerusakan ringan, rusak sedang mendapat bantuan Rp5 juta dan kerusakan berat mendapat bantuan Rp10 juta. Total bantuan yang disalurkan sebesar Rp2.032.500.000.

Salah seorang penerima bantuan, Sri Hariyati (59) mengaku sangat bersyukur mendapat bantuan bahan bangunan rumah. Perempuan yang tinggal di Krukut sejak 1943 itu mengaku sangat terpukul karena rumahnya hangus terbakar tak bersisa.

Bantuan sebesar Rp10 juta menurut Sri sangat bermanfaat untuk membangun kembali rumahnya dan membangun harapan baru yakni berdagang gado-gado seperti sebelumnya.

"Setelah kebakaran saya tidak punya apa-apa. Mau jualan lagi semua perabot habis terbakar. Alhamdulillah ada bantuan dari Kemensos sehingga bisa untuk tambahan biaya pembangunan rumah dan membayar upah tukang bangunan," kata ibu tiga anak tersebut.

Baca juga: 500 personel Satpol PP bersihkan puing kebakaran Krukut

Baca juga: Pengungsi korban kebakaran Krukut berharap bisa beraktivitas kembali

Baca juga: Anies serahkan bantuan untuk korban kebakaran di Krukut

 

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2019