Jakarta (ANTARA) - Lembaga amil zakat Dompet Dhuafa meluncurkan kampanye berkurban dengan semboyan #JanganTakutBerkurban untuk mengajak masyarakat Indonesia menunaikan ibadah kurban pada Idul Adha 1440 Hijriyah.

"Saya ingin ajak teman-teman milenial untuk berkurban," kata Direktur Mobilisasi Zakat Infak Sedekah (ZIS) Dompet Dhuafa, Yuli Pujihardi dalam acara Halalbihalal Dompet Dhuafa, Jakarta, Kamis.

Layanan kurban di Dompet Dhuafa dibuka mulai 25 Juni hingga H+2 Idul Adha.

Untuk menarik minat kaum milenial, Dompet Dhuafa pun memberikan kemudahan melalui kanal-kanal layanan berkurban di antaranya, melalui kanal perbankan, QR Code, payment online melalui layanan digital Dompet Dhuafa yakni Bawaberkah.org, kerja sama dengan e-commerce seperti Bukalapak dan Dana, Jemput Kurban, serta menyiapkan 75 konter dan gerai Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa di wilayah Jabodetabek, termasuk juga jaringan cabang Dompet Dhuafa di seluruh Indonesia.

Yuli menargetkan pada Idul Adha tahun ini donasi hewan kurban yang dihimpun Dompet Dhuafa bisa mencapai 30 ribu ekor. Adapun daerah-daerah penerima manfaat diutamakan daerah pelosok, terluar dan wilayah terdampak bencana.

"Semangat kali ini membawa target capaian kurban di kisaran angka 30.000 ekor hewan kurban dan pendistribusian dagingnya menjangkau daerah-daerah pelosok, marginal, terluar dan termasuk wilayah terdampak bencana seperti Palu, Lombok, Banten, Samarinda dan Konawe," ujar Yuli Pujihardi.

Melalui pendekatan pemberdayaan peternak lokal yang mandiri dan sudah melewati tahapan seleksi, serta pendampingan oleh tim program Dompet Dhuafa. Tujuannya agar masyarakat yang lebih membutuhkan dapat merasakan lezatnya daging kurban di hari raya lduI Adha dan juga mengangkat keberdayaan peternak lokal, ujarnya.

Tak hanya dialokasikan di dalam negeri, daging kurban juga akan disalurkan ke negara-negara yang mengalami konflik kemanusiaan seperti Palestina dan Myanmar.

"Pendistribusian yang meluas hingga ke negara-negara yang tengah mengalami konflik kemanusiaan seperti Palestina, Bangladesh, Myanmar, Filipina, Timor Leste, Somalia, Bosnia, Pakistan dan Sudan akan menjadi prioritas lembaga dalam penyaluran tahun ini," katanya. 

Baca juga: Dompet Dhuafa himpun donasi Rp96 miliar selama Ramadhan 1440 Hijriah

Baca juga: Dompet Dhuafa kerahkan tim bantu korban banjir di Konawe

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019