Ternate (ANTARA) - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku Utara (Malut) mengajak generasi milenial Malut dan masyarakat berantas narkoba dalam momentum Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tanggal 26 Juni 2019.

Kepala BNNP Malut, Brigjen Pol Drs Edi Swasono, MM di Ternate, Senin, mengatakan, ajakan bagi mileneal berantas narkoba karena mereka sangat rentan dijadikan korban pengguna dan peredaran narkoba.

Olehnya itu, dalam mometum HANI 2019 ini, BNNP Malut menggelar berbagai kegiatan sosialisasi mengenai bahaya narkoba agar masyarakat memiliki daya cegah dan tangkal untuk perangi Narkoba.

Selain itu memotivasi elemen masyarakat untuk lebih berani menolak Narkoba dan yang penting adanya kesadaran masyarakat jika pernah terlibat menggunakan Narkoba.

"Kita jamin jika lapor ke BNN akan kita proteksi untuk pulihkan melalui rehabilitasi, karena ini strategi BNN dalam rangka memutus supply dan demand jika demand kecil maka supply semakin kecil," ujar perwira tinggi Akpol angkatan 90 ini,

Menurut dia, sesuai tema HANI tahun 2019 yg menyasar generasi milenial yang merupakan calon pemimpin bangsa sementara target bandar narkoba juga menyasar generasi milenial, karena dengan menguasai generasi muda maka kedepan, para milenial ini menjadi startegi untuk penguatan cegah dan lawan Narkoba," katanya.

Selain masyarakat dan anggota Forkopimda juga ikut serta generasi milenial berprestasi yakni Jujaro Ngungare 2019, Duta Bahasa 2019, dan Atlet Taekwondo Berprestasi Provinsi Maluku Utara yang juga membubuhkan tanda tangan deklarasi perang terhadap Narkoba.

Sebelumnya, pada Senin Pagi, dilakukan long march di Kota Ternate dalam menyambut HANI Internasional yang dipusatkan di Kota Ternate.

Bahkan, sejumlah 200 peserta gowes yakni Kepala BNNP Malut, Wakapolda, Kepala Basarnas, Danrem bersama sejumlah perwakilan dari Perbankan, klub sepeda dan masyarakat gowes bersama sepanjang jalan kota Ternate dengan start dan finish di lapangan Salero Ternate dilanjutkan senam bersama yang dipandu instruktur.

Ajang Car free day menjadi lebih meriah ketika MC mengumumkan undian door prize kepada masyarakat dan tidak tanggung hadiah voucher umrah, inap gratis di hotel, alat elektronik dan ratusan hadiah hiburan menambah semangat semangat peserta CFD.

Baca juga: BNN : HANI jadi gerakan bersama berantas narkoba

Baca juga: Presiden nyatakan perang terhadap narkoba

Baca juga: Deddy Mizwar minta warga waspadai 44 narkoba baru

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019