Kemensos siapkan bantuan Rp1 miliar lebih untuk Sulsel

id Kemensos Siapkan Bantuan Rp1 Miliar Lebih Untuk Sulsel

Kemensos siapkan bantuan Rp1 miliar lebih untuk Sulsel

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Data Terpadu Kesejahteraan Sosial Tahun 2019 di Jakarta, Jumat (28/6/2019). (ANTARA/Desi Purnamawati)

Makassar (ANTARA) - Kementerian Sosial menyiapkan anggaran lebih dari Rp1 miliar untuk kesejahteraan masyarakat di Sulawesi Selatan dengan memberikan bantuan sesuai dengan usulan dari pemerintah daerah.

"Kalau di Sulsel itu bantuannya kami siapkan lebih dari satu miliar rupiah dan di Sulsel ada tiga daerah yang menjadi sasaran kami," ujar Menteri Sosial Agung Gumiwang Kartasasmita saat melakukan kunjungan kerja di Makassar, Selasa.

Salah satu tempat yang didatanginya dan diberikan bantuan yakni di Makassar. Melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kelurahan Sudiang Raya, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Mensos Agung Gumiwang Kartasasmita menyerahkan langsung bantuan tersebut.

Ia mengatakan bantuan diserahkan kepada daerah-daerah setelah melewati proses yang panjang seperti penilaian dan sebagainya. Bantuan juga disalurkan berdasarkan usulan dari pemerintah daerah masing-masing.

Agung menyatakan kerja sama antara TNI bersama dengan Kementerian Sosial, kementerian atau lembaga lainnya, pemerintah daerah sangat strategis yang didukung oleh komponen masyarakat yang berwujud gotong-royong menangani permasalahan sosial demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Semangat gotong royong merupakan ciri dan budaya bangsa Indonesia yang senantiasa perlu kita jaga dan lestarikan. Kegiatan seperti TMMD yang didasari semangat gotong-royong inilah yang kita harapkan terus dapat dilaksanakan dalam upaya memperkuat ketahanan nasional melalui pendekatan kesejahteraan sosial," katanya.

Menurut dia pembangunan saat ini cukup berhasil ditandai dengan jumlah penduduk miskin yang cenderung menurun dari tahun ke tahun sesuai dengan data statistik yang dirilis langsung oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Ia menyatakan jumlah penduduk miskin di wilayah pedesaan lebih besar dibanding wilayah perkotaan. TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang difokuskan pada wilayah desa menjadi sangat tepat.

"Program TMMD sesuai dengan agenda prioritas pemerintah melalui nawacita ketiga yaitu 'Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan," ucapnya.

Baca juga: Kemensos imbau hidupkan kearifan lokal antisipasi bencana

Baca juga: Kemensos perkuat mitigasi bencana berbasis masyarakat di Gowa

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar