Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan sertifikat kepada perwakilan peserta pelatihan tata cara pemotongan hewan kurban di Ruang Serba Guna Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (PPIJ), Selasa.

Sebanyak 1.110 pengelola masjid yang merupakan peserta pelatihan dari 1.001 masjid se-DKI Jakarta mendapatkan sertifikat pelatihan sebagai juru sembelih halal.

"Hari ini, kami memberikan sertifikat untuk para pengurus masjid yang akan bertugas saat pelaksanaan Idul Adha 1440 Hijriah. Dengan adanya sertifikat pelatihan penyembelihan hewan ini bisa dikatakan mereka adalah petugas terampil, andal dan profesional," ujar Anies saat dikonfirmasi, Selasa.

Menurutnya, kegiatan ini adalah kolaborasi dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) yang sudah memberikan pelatihan dan uji kompetensi kepada 1.110 pengurus masjid se DKI Jakarta.

"Pastikan tata cara pemotongan hewan sesuai syariat Islam dan aturan lainnya, jadi bukan hanya dagingnya saja yang dirasakan tapi prosesnya juga memberikan manfaat ke masyarakat," ujarnya pula.
Baca juga: Pemkot Jakut data lokasi penjualan dan pemotongan hewan kurban

Ia juga berpesan kepada petugas kesehatan hewan untuk menjalankan tugas dengan baik saat mengecek kesehatan hewan kurban di tempat penampungan dan pemotongan hewan.

"Kerjakan tugas ini dengan baik, datangi tempat-tempat penampungan hewan dan pemotongan hewan," ujarnya lagi.

Sedangkan salah satu peserta pelatihan Slamet dari Masjid Jamiatul Solihin, Jakarta Pusat mengaku terbantu dengan adanya pelatihan tata cara pemotongan hewan kurban.

"Banyak informasi yang didapatkan dalam pelatihan dan bisa diterapkan saat proses penyembelihan hewan kurban. Nanti kita juga diberikan bantuan peralatan seperti pisau, terpal, dan lainnya," ujarnya lagi.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019