Kupang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur telah menetapkan daftar pemilih sementara (DPS) di kabupaten itu berjumlah 97.260 orang.

Ketua KPU Sumba Barat Teguh Raharjo dihubungi dari Kupang, Rabu, (14/8) mengatakan bahwa jumlah pemilih perempuan  mencapai 48.102 orang.

“Sementara itu untuk pemilih laki-laki jumlahnya mencapai 49.158 jiwa,” katanya saat dihubungi dari Kupang.

"Dari jumlah tersebut, ada kemungkinan jumlah pemilih akan bertambah atau juga jumlahnya berkurang karena saat ini proses masih terus berlangsung sampai dengan penetapan daftar pemilih tetap (DPT) pada 21 September 2024 mendatang," katanya.

Menurut Teguh, jika dibandingkan dengan jumlah DPT pada Pemilu 14 Februari 2024 lalu maka terjadi penurunan jumlah pemilih.

Pada Pemilu 2024, jumlah DPT di Sumba Barat mencapai 100.628 jiwa. Dari jumlah tersebut pemilih perempuan mencapai 49.826 orang dan pemilih laki-laki berjumlah 50.802 orang.

Lebih lanjut kata dia,  DPS di  Kabupaten Sumba Barat tersebar di 240 tempat pemungutan suara (TPS) pada 74 kelurahan.

Baca juga: Presiden minta kada selesaikan urusan anggaran pilkada

Menurut dia, dengan penetapan DPS tersebut, selanjutnya KPU Sumba Barat menetapkan daftar pemilih tetap (DPT).

Baca juga: Bawaslu Lembata ingatkan pemilih perempuan menolak politik uang

Lebih lanjut dia berharap agar pelaksanaan Pilkada di Sumba Barat sendiri bisa berjalan dengan aman dan lancar, sehingga keamanan yang sudah terjaga saat ini tetap kondusif.

Pewarta : Kornelis Kaha
Editor : Bernadus Tokan
Copyright © ANTARA 2024