Kupang (AntaraNews NTT) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kupang memprediksi, lima kota di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), berpoptensi mengalami hujan lokal.

"Lima kota di NTT itu adalah Alor dan Malaka yang berpotensi terjadi pada siang hingga sore hari, dan Kota Atambua dan SoE serta Lembata berpotensi terjadi hujan lokal pada malam hari," demikian BMKG mengabarkan, Kamis (19/7).

Berdasarkan prakiraan BMKG, cuaca di NTT hari ini, Kamis (19/7) umumnya berawan dengan rata-rata suhu 31 derajat celcius dengan kisaran 11-32 derajat celcius. Sementara itu, kelemban yang diprediksi oleh BMKG, berada pada kisaran antara 50 sampai 95 persen.

"Dari 22 kota yang ada di NTT, ada lima kota yang hari ini diprediksi akan terjadi hujan lokal yakni Kota Atambua, Betun, Kalabahi, Soe, dan Lewoleba," Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun El Tari Kupang, Ota Welly Jenni Thalo.

Sedangkan 17 kota lainnya tidak terjadi hujan. Kota-kota itu yakni Kota Ba`a, Bajawa, Borong, Ende, Kefamenanu, Kupang, dan Labuan Bajo.

Ota Welly Jenni Thalo menambahkan, hujan yang terjadi pada sejumlah kota di daerah itu lebih disebabkan karena faktor lokal, karena NTT saat ini masih berada pada musim kemarau.

"Tidak ada pengaruh lain, kalau ada daerah yang hujan, itu lebih karena faktor lokal," katanya menjelaskan.

Baca juga: Kupang dilanda udara dingin
Baca juga: Hujan terjadi akibat faktor lokal

Pewarta : Bernadus Tokan
Editor : Laurensius Molan
Copyright © ANTARA 2024