Kupang (ANTARA) - Korea Creative Content Agency (KOCCA) Indonesia menggelar K-Content BizWeek 2022 untuk mempertemukan para pelaku usaha industri animasi/karakter Korea Selatan (Korsel) dan Indonesia di Jakarta.

"Perubahan gaya hidup dan konsumsi konten sejak pandemi menjadi salah satu faktor pendukung pertemuan bisnis ini," kata Direktur KOCCA Indonesia Young Soo Kim dalam keterangan yang diterima di Kupang, Jumat, (1/4).

Sebanyak 26 perusahaan animasi Korea Selatan menghadiri pertemuan yang dipusatkan di Hotel Sheraton Grand Jakarta Gandaria City yang berlangsung selama 28-30 Maret 2022.

Ia menjelaskan sebagian besar perusahaan yang hadir memproduksi animasi anak seperti, The Pinkfong Company dengan karyanya "Baby Shark" dan "PinkFong", Tak Toon Enterprise dengan karyanya "Big Five" dan "Linda", dan Iconix dengan dua karyanya yang terkenal, yaitu “Pororo The Little Penguin” dan “Tayo The Little Bus”.

Adapun perusahaan Indonesia yang hadir pada K-Content BizWeek 2022 sebanyak 28 perusahaan. Tentu saja, kata dia perusahaan yang hadir memiliki ketertarikan yang sama pada Intellectual Property (IP) dan animasi.

Pada hari pertama (28/2) diadakan IP Screening yang dilakukan oleh empat perusahaan animasi Korea.

Ia mengatakan temu bisnis industri kreatif ini dilakukan secara daring (virtual) dan diramaikan dengan seminar workshop yang diselenggarakan bersama oleh Korean Animation Industry Association (KAIA), Association of Indonesia Animation Industry (AINAKI), iLovecharacter (Character and Licensing), Association of Licensing & Merchandising Indonesia (ALMI).

Pada acara ini, Jin Kwon (LOCUS) memberikan workshop khusus untuk membagikan pengalamannya dalam memproduksi drama TV animasi ‘Yumi Cells’. 

Selain itu terdapat pula presentasi yang dibawakan oleh Profesor Si Bum Kim (Universitas Nasional Andong), Agung Rachmawan (Bumi Langit), Sujin Hwang (LOCUS), dan Sei Young Cheong (MNC Animation).

Baca juga: Drama Musikal Keumalahayati - Laskar Inong Balee

Pada kesempatan ini juga dilakukan dua nota kesepahaman (MoU) antara KMGA (Korea Mobile Game Association) dan AGI (Asosiasi Game Indonesia) untuk melakukan kerja sama lebih lanjut, serta DNA (Digital Network Aesthetic) dengan ECNE.

Baca juga: Fitur paling bermanfaat dalam SnackVideo

Adapun perusahaan yang menandatangani kontrak antara lain PT. Metropolitan Televisindo (RTV) dengan Anyzac dan Winners Consulting dengan Blend Company. Pertemuan bisnis ini merupakan tindak lanjut dari K-Content BizWeek 2021 tahun lalu yang diadakan oleh KOCCA Indonesia. 
 

Pewarta : Aloysius Lewokeda
Editor : Bernadus Tokan
Copyright © ANTARA 2024