Labuan Bajo kemungkina jadi lokasi KTT ASEAN

id Labuan Bajo,KtT Asean,Komodo

Labuan Bajo kemungkina jadi lokasi KTT ASEAN

Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN Sidharto R Suryodipuro (kiri) berbincang dengan Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah (kanan) saat akan memberikan paparan terkait isu terkini dan agenda Kemlu 2023 di Kantor Kemlu, Jakarta, Kamis (19/1/2023). Kemlu memberikan keterangan terkait kesiapan KTT ASEAN ke-40 yang akan diselenggarakan di Indonesia pada tahun 2023. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/YU (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)

Pemerintah belum secara resmi memutuskan, tapi memang betul Labuan Bajo menjadi salah satu tempat yang memiliki kans besar menjadi tempat penyelenggaraan KTT...
Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN Sidharto R. Suryodipuro menyatakan bahwa Labuan Bajo kemungkinan besar menjadi lokasi penyelenggaraan KTT ASEAN tahun ini di Indonesia yang dijadwalkan pada Mei.

“Pemerintah belum secara resmi memutuskan, tapi memang betul Labuan Bajo menjadi salah satu tempat yang memiliki kans besar menjadi tempat penyelenggaraan KTT,” ungkap Arto, sapaan akrab Sidharto, dalam sesi pengarahan pers di Jakarta, Kamis, (19/1/2023)..

Menurut Arto, Labuan Bajo masuk dalam salah satu opsi tuan rumah KTT karena bisa menarik perhatian dunia kepada wilayah lain yang ada di Indonesia.

“Ini mencerminkan prioritas dan perhatian pemerintah terhadap berbagai wilayah lain di Indonesia. Jadi ada kepentingan untuk memanfaatkan kesempatan KTT ASEAN ini untuk menarik perhatian dunia kepada wilayah lain dan Labuan Bajo itu salah satunya,” tutur dia.

Sementara itu, Jakarta dipastikan akan menjadi lokasi penyelenggaraan pertemuan menteri-menteri luar negeri negara-negara anggota perhimpunan bangsa Asia Tenggara pada 3-4 Februari. Pertemuan tersebut menjadi agenda pembuka dalam rangkaian KTT ASEAN di Indonesia.

Untuk pertama kalinya juga, Timor Leste bakal mengirimkan menteri luar negerinya dalam pertemuan ASEAN Coordination Council (ACC) itu sejak negara tersebut diizinkan menjadi anggota baru ASEAN pada KTT tahun lalu di Kamboja.

Selain pertemuan dengan para pimpinan negara-negara anggota perhimpunan ASEAN, KTT juga akan menggelar rangkaian pertemuan antara pemimpin-pemimpin luar negeri yang direncanakan berlangsung pada Juli, kemudian dilanjutkan dengan KTT Asia Timur (EAS) pada Desember.


Baca juga: Wabup Mabar tekankan integrasi program stunting

Baca juga: Erick Thohir sebut Qatar siap investasi 80 juta dolar AS di Labuan Bajo



 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Labuan Bajo kemungkinan besar jadi lokasi KTT ASEAN 2023
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2023