Real Madrid permalukan Liverpool 5-2

id liga champions,liverpool,real madrid

Real Madrid permalukan Liverpool 5-2

Penyerang Real Madrid Vinicius Junior (kanan) merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Liverpool bersama penyerang Real lainnya Rodrygo (tengah) dan bek Eder Militao pada pertandingan leg pertama 16 besar Liga Champions di Stadion Anfield, Liverpool, Rabu (22/2/2023) dini hari WIB. (ANTARA/AFP/Paul ELLIS)

Real benar-benar mampu membalikkan keadaan pada menit ke-47. Tendangan bebas Luka Modric ditanduk dengan mudah oleh Eder Militao yang tidak dikawal sama sekali...
Jakarta (ANTARA) - Real Madrid bangkit dari ketinggalan dua gol dan mempermalukan tuan rumah Liverpool dengan skor 5-2, dalam leg pertama 16 besar Liga Champions di Stadion Anfield, Liverpool, Rabu, (22/2/2023) dini hari WIB.

Kemenangan itu meringankan langkah Real menjelang leg kedua yang dimainkan di Madrid, 15 Maret mendatang, demikian catatan laman resmi UEFA.

Kedua tim tampil dengan tempo cepat sejak peluit awal dibunyikan. Liverpool menjadi pihak yang lebih dahulu memecah kebuntuan saat pertandingan baru berusia empat menit. M. Salah mendapatkan cukup ruang dan waktu di sisi kanan untuk mengirimkan umpan silang kepada Nunez, yang disambar pemain Uruguay itu dengan tumitnya untuk membobol gawang Thibaut Courtois.

Real berusaha segera menyamakan kedudukan. Kelengahan di lini belakang Liverpool membuat Karim Benzema dapat mengoperkan bola kepada Rodrygo, tapi tembakannya masih dapat diblok. Tidak lama berselang, bola sapuan Nunez dapat diterima oleh Salah. Sayangnya meski mampu mengecoh dua pemain Real, sepakan penyelesaian Salah masih melenceng.

Pada menit ke-14, Liverpool menggandakan keunggulan. Dani Carvajal mengirim operan kepada Courtois, namun kiper Belgia itu gagal menguasainya dengan sempurna, dan bola dapat didorong Salah untuk masuk kembali ke gawang Real.

Tertinggal dua gol ternyata tidak membuat Real mengendur. Vinicius yang berada di dalam kotak penalti Liverpool dihalangi sejumlah pemain bertahan tuan rumah. Walaupun demikian, pemain Brazil itu mampu melepaskan sepakan melengkung yang tidak dapat dihalau kiper Alisson untuk memperkecil ketertinggalan Real pada menit ke-21.

Blunder Alisson pada menit ke-35 membuat Real mampu menyamakan kedudukan. Diawali operan ke belakang dari Joe Gomez kepada Alisson, kiper Brazil itu bermaksud membuang bola ke depan, namun justru bola membentur Vinicius yang berada di depannya dan mengarah masuk ke gawangnya sendiri.

Beberapa saat sebelum turun minum, Real justru berpeluang untuk berbalik unggul. Courtois melepaskan lemparan panjang ke depan, bola kemudian dikirimkan Vinicius kepada Rodrygo, namun Andrew Robertson dapat bergerak cepat untuk membuang bola.

Real benar-benar mampu membalikkan keadaan pada menit ke-47. Tendangan bebas Luka Modric ditanduk dengan mudah oleh Eder Militao yang tidak dikawal sama sekali. Liverpool 2, Real 3.

Tim tamu semakin menggila. Kali ini giliran penyerang Prancis Karim Benzema yang mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-55. Ia memainkan operan satu-dua dengan Rodrygo di tepi kotak penalti Liverpool, dan melepaskan sepakan yang terdefleksi Joe Gomez untuk kemudian mengecoh Alisson dan masuk gawang Liverpool.

Pelatih Liverpool Juergen Klopp berinisiatif mempertajam lini depannya dan memasukkan Diogo Jota dan Roberto Firmino, namun yang terjadi justru Real kembali memperbesar keunggulan pada menit ke-67. Diawali kesigapan Modric untuk merebut bola dan menginisiasi serangan balik, bola kemudian dikirimkan kepada Vinicius. Pemain Brazil itu lantas mengoperkannya kepada Benzema, yang masih sempat mengecoh Alisson sebelum menceploskan bola ke gawang tuan rumah.

Pada sisa waktu yang ada, Liverpool masih berusaha keras untuk mengancam gawang Real. Tetapi mereka tidak mampu menembus rapatnya pertahanan Real, meski telah mengandalkan kombinasi operan pendek dan umpan-umpan silang. Real pun keluar sebagai pemenang dan menatap laga kedua dengan langkah ringan.

Baca juga: Liga Champion - AC Milan akhirnya petik kemenangan

Baca juga: Liga Champion - Pochettino targetkan dua gol untuk PSG di Etihad





Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Real Madrid bangkit dari ketinggalan untuk permalukan Liverpool 5-2