Transportasi lintas Pulau Timor mulai normal

id NTT,macet,jalan licin,longsor

Transportasi lintas  Pulau Timor mulai normal

Transportasi yang melintasi di Takari Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur macet total akibat sejumlah kendaraan tidak mampu melintasi ruas jalan licin di lokasi longsoran di Takari, Selasa (27/6) malam. (ANTARA/HO-Humas Polres Kupang)

Kondisi tanah yang berlumpur dan licin memang cukup sulit untuk dilintasi kendaraan...
Kupang (ANTARA) - Kapolres Kupang Polda Nusa Tenggara Timur AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata mengatakan akses transportasi lintas Pulau Timor mulai normal kembali setelah sempat macet total akibat kondisi jalan yang licin di jalur jalan alternatif di lokasi longsor Takari, Kecamatan Takari Kabupaten Kupang.

"Kondisi ruas jalan yang licin menyebabkan beberapa kendaraan yang hendak melintas di lokasi jalan alternatif hadapi macet  menyebabkan kemacetan total pada Selasa (27/6) malam," kata Kapolres Kupang AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata di Kupang, Rabu, (28/6/2023).

Kapolres Anak Agung Gde Anom Wirata menjelaskan saat kemacetan total terjadi di Jalan Timor Raya Kilometer 72 Kelurahan Takari Kecamatan Takari Kabupaten Kupang.

Ia mengatakan sejumlah kendaraan tak mampu melintasi jalan tanjakan pada jalur alternatif yang dibangun setelah longsoran pada Februari 2023.

Dia mengatakan peristiwa itu terjadi pada Selasa (27/6/2023) mulai pukul 17.30 wita ketika semua kendaraan yang melintas di lokasi longsoran dialihkan ke jalur jalan alternatif karena jalur utama sedang diperbaiki setelah adanya pergerakan material longsoran yang menutupi bahu jalan utama jalur tersebut.

Ratusan kendaraan baik roda dua maupun roda empat dan enam tidak bisa melanjutkan perjalanan menuju sejumlah kabupaten di Pulau Timor seperti Kabupaten Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Belu, Malaka dan wilayah Timor Leste maupun sebaliknya yaitu ke Kota Kupang karena sejumlah kendaraan macet di tengah ruas jalan yang berlumpur dan licin yang disebabkan hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Kupang pada hari Senin (26/6/2023) malam.

Baca juga: Rumah penduduk di Takari tertimbun tanah longsor

"Kondisi tanah yang berlumpur dan licin memang cukup sulit untuk dilintasi kendaraan dan sejumlah kendaraan yang melintas tidak mampu melintas tanjakan yang ada menyebabkan terjadi kemacetan total," kata Kapolres Kupang.

Baca juga: BPBD: 84 kejadian bencana alam di NTT pada triwulan I 2023

Ia mengatakan setelah semua kendaraan yang macet ditarik dengan menggunakan excavator milik Pemerintah Kabupaten Kupang sehingga akses transportasi lintas Pulau Timor sudah normal kembali.