Rupiah menguat pada awal.perdagangan Rabu

id Rupiah hari ini,Kurs rupiah hari ini

Rupiah menguat pada awal.perdagangan Rabu

Petugas menunjukan uang pecahan Rupiah dan dolar AS di gerai penukaran mata uang asing VIP (Valuta Inti Prima) Money Changer, Jakarta, Selasa (4/10/2022). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.)

Investor cenderung 'wait and see' menantikan hasil pertemuan FOMC malam ini, kata analis DCFX Futures Lukman Leong kepada ANTARA di Jakarta, Rabu, (13/12/2023)...
Jakarta (ANTARA) - Rupiah pada awal perdagangan Rabu naik seiring investor menunggu kebijakan suku bunga acuan Amerika Serikat (AS) dalam pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC).

Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar AS yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu pagi menguat 15 poin atau 0,10 persen menjadi Rp15.606 per dolar AS dari sebelumnya Rp15.621 per dolar AS.

"Investor cenderung 'wait and see' menantikan hasil pertemuan FOMC malam ini," kata analis DCFX Futures Lukman Leong kepada ANTARA di Jakarta, Rabu, (13/12/2023).

Lukman menuturkan walau hampir pasti Bank Sentral AS atau The Fed akan mempertahankan kebijakan suku bunga, namun investor mengantisipasi peluang Ketua The Fed Jerome Powell akan bernada hawkish menyusul data ekonomi yang lebih kuat belakangan ini seperti Non-Farm Payrolls (NFP).

Data tenaga kerja Non-Farm Payrolls AS pada November 2023 naik menjadi 199 ribu dari sebelumnya 150 ribu, dan tercatat lebih tinggi dari perkiraan sebesar 185 ribu.

Sementara itu, Bank Indonesia (BI) memperkirakan kinerja penjualan eceran pada November 2023 meningkat, tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) November sebesar 209,4 atau tumbuh 2,9 persen secara year on year (yoy).

"Peningkatan kinerja penjualan eceran tersebut didorong oleh kelompok perlengkapan rumah tangga lainnya, subkelompok sandang, serta kelompok makanan, minuman dan tembakau," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono di Jakarta, Senin.

Secara bulanan, penjualan eceran diperkirakan tumbuh 0,9 persen month to month (mtm) didorong oleh peningkatan kelompok perlengkapan rumah tangga lainnya serta kelompok suku cadang dan aksesori.

Di sisi lain, Direktur Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia (BI) Wahyu Agung Nugroho mengatakan stabilitas sistem keuangan di Indonesia masih tetap terjaga didukung oleh likuiditas perbankan yang memadai.

"Alat likuidnya juga sangat kuat karena Bank Indonesia sendiri punya intensi untuk menjaga likuiditas di perbankan itu ample (memadai) sehingga mereka bisa melakukan ekspansi yang kreditnya," ujarnya.

Pada Oktober 2023, rasio Alat Likuid terhadap Dana Pihak Ketiga (AL/DPK) tetap terjaga tinggi, yakni sebesar 26,36 persen. Kemudian, rasio kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio/CAR) tercatat pada level yang tinggi sebesar 27,33 persen pada September 2023.


Baca juga: Analis sebut Rupiah diperkirakan melemah

Baca juga: Rupiah diprediksi melemah ke arah Rp15.750 per dolar AS










Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Rupiah menguat seiring investor tunggu kebijakan suku bunga AS