Pakar sebut generasi muda banyak terjerat investasi bodong

id Bank Jago,Bank,Digital,pinjol

Pakar sebut generasi muda banyak terjerat investasi bodong

Financial Planner Expert (PINA Indonesia) Rista Zswestika saat menyampaikan paparan dalam Forum Jurnalis Jagoan, di Jakarta, Rabu (21/2/2024). ANTARA/Bayu Saputra

...Gen Z itu sangat mudah sekali terjebak dengan yang namanya pinjol dan investasi bodong. Gen Z ini di-iming-imingi kemudahan untuk mendapatkan akses semuanya. Karena di-iming-imingi kemudahan mereka nggak mau melewati yang namanya proses, kata Rist
Jakarta (ANTARA) - Financial Planner Expert (PINA Indonesia) Rista Zswestika mengatakan bahwa kalangan milenial dan Gen Z saat ini merupakan generasi yang banyak terjerat pinjaman daring (pinjol) dan investasi bodong.

“Gen Z itu sangat mudah sekali terjebak dengan yang namanya pinjol dan investasi bodong. Gen Z ini di-iming-imingi kemudahan untuk mendapatkan akses semuanya. Karena di-iming-imingi kemudahan mereka nggak mau melewati yang namanya proses,” kata Rista dalam Forum Jurnalis Jagoan, di Jakarta, Rabu, (21/2/2024).

Rista menyampaikan, berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sekitar 30-40 persen korban investasi bodong adalah milenial dan Gen Z.

Berdasarkan data OJK dan Indef tahun 2023, sebanyak 72.142 orang dengan umur di bawah 19 tahun tercatat sebagai penerima pinjol dengan jumlah pinjaman yang mencapai Rp168,87 miliar.

Kemudian, di kisaran umur antara 19-34 tahun, jumlah penerima pinjol di Indonesia mencapai 10.914.970 orang, dengan total pinjaman yang mencapai Rp26,87 triliun.

Secara keseluruhan kondisi masyarakat Indonesia, dalam rentang 2017-2023, OJK juga mencatat 6.680 pinjol ilegal yang ditutup.

Selain itu, terdapat 39.866 pengaduan korban pinjol ilegal selama periode 1 Januari 2022 sampai 1 Januari 2024.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa generasi muda juga rentan terjebak investasi bodong, selama 2018-2022 angka korban investasi bodong di Indonesia mencapai Rp126 triliun.

Menurutnya, alasan milenial dan Gen Z hingga saat ini masih banyak menjadi korban investasi bodong karena kurang matangnya strategi investasi yang mereka miliki.

Oleh karena itu, dirinya mengimbau generasi muda untuk mempelajari strategi finansial agar mampu merancang keuangan masa depan lebih matang

“Kemudian, ini yang membuat Gen Z mempermudah hidup dan tidak mau melewati proses buat cepat kaya. Jangan sampai mereka terjebak dalam penawaran-penawaran yang mudah yang berujung pada investasi bodong,” katanya lagi.


Baca juga: OJK dalami kredit macet Investree capai 16,44 persen

Baca juga: OJK minta Google dan Meta hentikan penayangan iklan-iklan pinjol ilegal di paltformnya
Baca juga: OJK hentikan kegiatan 1.466 entitas pinjol ilegal








Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pakar sebut generasi muda banyak terjerat pinjol dan investasi bodong