Cara Perawatan kulit secara optimal

id Perawatan kulit,tips merawat kulit,merawat kulit,skincare kulit

Cara Perawatan kulit secara optimal

Ilustrasi wanita sedang melakukan perawatan kulit wajah. (ANTARA/Pexels/Cottonbro Studio)

Kalau menurut saya yang wajib itu ya cuci muka pagi itu harus. Jadi untuk iklim seperti di Indonesia dan Jakarta yang lembab, menurut saya tiga kali cuci muka, misalnya pas makan siang atau...
Jakarta (ANTARA) - Perawatan kulit merupakan bagian penting dalam menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Setiap orang memiliki kebutuhan kulit yang berbeda-beda, sehingga perawatan kulit yang efektif harus disesuaikan dengan jenis kulit dan kondisi kulit masing-masing individu.

Dokter Spesialis Kulit Akbar Wedyadhana menekankan pentingnya menjaga rutinitas perawatan kulit setiap hari, termasuk membersihkan wajah secara teratur dan menggunakan produk-produk perawatan kulit yang sesuai.

“Kalau menurut saya yang wajib itu ya cuci muka pagi itu harus. Jadi untuk iklim seperti di Indonesia dan Jakarta yang lembab, menurut saya tiga kali cuci muka, misalnya pas makan siang atau wudhu sholat dhuzur itu bagusnya cuci muka juga,” kata Dhana saat gelar wicara di Jakarta, Minggu, (25/2/2024).

Pembersihan wajah secara teratur membantu menghindari penumpukan minyak dan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori kulit.

Selain membersihkan wajah, Dhana menjelaskan penggunaan produk-produk perawatan kulit yang tepat juga sangat penting, seperti pelembab, toner, serum, dan tabir surya dapat membantu menjaga kelembapan kulit, mengurangi tanda penuaan dini, dan melindungi kulit dari paparan sinar UV yang berbahaya.

“Kalo skincare kan basic memang ada sabun terus moisturizer atau pelembab gitu. Bentuknya apa pun spray, water, cream, serum, tabir surya sama krim malam. Krim malam tuh apa pun yang isi nya memang membantu memperbaiki fungsi kulit kita,” ujarnya.

Dhana juga menuturkan pentingnya menjaga kesehatan kulit dengan kombinasi perawatan yang dioles dan suplemen minum agar dapat memberikan manfaat optimal.

Perawatan topikal, seperti krim atau serum, langsung bertindak di kulit, sementara antioksidan yang diminum bekerja secara sistemik melalui aliran darah, memberikan manfaat tidak hanya untuk kulit, tetapi juga untuk organ lain seperti jantung dan otak.

“Paling bagus kombinasi jadi yang dioles dan diminum juga, karena kan cara bekerja nya atau jalur bekerjanya beda. Kalau yang dioles itu kan langsung bekerja di kulit secara spesifik, tapi kalau antioksidan kan lewat sistemik istilahnya atau lewat peredaran darah,” jelasnya.

Dengan demikian, kombinasi perawatan oles dan minum menjadi kunci untuk hasil yang optimal dalam menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh.

Baca juga: Kesehatan - Kiat menghilangkan bekas luka membandel

Baca juga: Kulit wajah kendur dapat dipulihkan lewat perawatan tepat

Baca juga: Simak lima cara ubah kulit kusam jadi bersinar

Baca juga: Cara membedakan produk perawatan kulit asli dan palsu









Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Perawatan kulit secara optimal, cek caranya