Berita kemarin - PDIP dorong revisi UU KPK hingga simulasi e-Coklit Pilkada 2024

id PDIP,Revisi UU KPK,KPU RI,NasDem,Ilham Habibie,DPR RI,Kapal Bucheon 773,Jokowi,Prabowo,Gaza,berita

Berita kemarin -  PDIP dorong revisi UU KPK hingga simulasi e-Coklit Pilkada 2024

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto saat memberikan pemaparan dalam peringatan Hari Lahir Bung Karno di Sekolah Partai PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (6/5/2024). ANTARA/HO-PDIP.

...Sampai sekarang kita melihat nepotisme, korupsi, kolusi justru semakin merajalela. Maka sebagai sebuah ide dan gagasan, itu (revisi UU KPK) sangat membumi dan juga sangat visioner
Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik telah diwartakan Kantor Berita ANTARA pada Kamis (6/6) kemarin menjadi sorotan, mulai dari PDI Perjuangan mendorong revisi UU KPK hingga KPU RI menyimulasikan penggunaan e-Coklit untuk mempersiapkan tahapan pencocokan dan penelitian data pemilih Pilkada 2024

Berikut rangkuman berita politik yang masih layak dibaca untuk informasi pagi ini.

1. PDI Perjuangan dorong revisi UU KPK

PDI Perjuangan mendorong revisi Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi seiring semakin tumbuh suburnya kasus korupsi, kolusi, dan nepotisme di dalam negeri saat ini.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengklaim Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri selalu ingin mewujudkan cita-cita supremasi hukum. Dalam hal korupsi, Megawati merupakan sosok yang membentuk KPK ketika menjadi Presiden Ke-5 RI periode 2001-2004.

"Sampai sekarang kita melihat nepotisme, korupsi, kolusi justru semakin merajalela. Maka sebagai sebuah ide dan gagasan, itu (revisi UU KPK) sangat membumi dan juga sangat visioner," kata Hasto kepada awak media di Sekolah Partai PDIP, Jakarta, Kamis

Selengkapnya klik di sini.


2. Presiden instruksikan Prabowo kirim nakes dan penyediaan RS ke Gaza

Presiden Joko Widodo menginstruksikan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk mengirimkan tenaga kesehatan hingga penyediaan rumah sakit ke Gaza, Palestina.

Menhan Prabowo Subianto yang juga Presiden Terpilih RI menyampaikan hal tersebut setelah menemui Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis.

"Saya lapor ke Pak Presiden dan Presiden sangat mendukung memberi instruksi kepada saya, kita siap mengirim rumah sakit, mengirim tenaga kesehatan kita di dalam Gaza," kata Prabowo saat memberikan keterangan pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis.

Selengkapnya klik di sini.


3. Komisi I DPR setujui hibah kapal Bucheon 773 dari Korea Selatan

Komisi I DPR menyetujui penerimaan hibah alat peralatan pertahanan dan keamanan (alpalhankam) dari Korea Selatan berupa satu unit Kapal Patrol Combat Corvette (PCC) Bucheon 773 bekas untuk TNI Angkatan Laut.

Persetujuan tersebut menjadi salah satu poin yang disepakati dalam Rapat Kerja Komisi I DPR RI bersama Panglima TNI, Kementerian Pertahanan, dan Kementerian Keuangan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis.

"Penerimaan hibah berupa satu unit Kapal Patrol Combat Corvette (PCC) Eks. ROK (Republic of Korea) Bucheon-773 dari Pemerintah Korea Selatan kepada TNI AL sesuai Surat Menteri Pertahanan Nomor B/2471/M/XII/2023 tanggal 19 Desember 2023, perihal: Persetujuan Penerimaan Hibah Alpalhankam dari dan ke Luar Negeri," kata Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid.

Selengkapnya klik di sini.


4. KPU RI simulasikan penggunaan e-Coklit untuk pilkada 2024

Komisi Pemilihan Umum RI menyimulasikan penggunaan e-Coklit untuk mempersiapkan tahapan pencocokan dan penelitian data pemilih pilkada 2024 kepada jajaran KPU provinsi dan kabupaten/kota.

"Sebagaimana kita ketahui, Pilkada 2024 akan diselenggarakan 27 November dan KPU sudah merencanakan bahwa coklit akan diselenggarakan insyaallah 24 Juni sampai dengan 24 Juli, serentak se-Indonesia," kata anggota KPU RI Betty Epsilon Idroos di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya klik di sini.


5. NasDem yakin Ilham Habibie mumpuni untuk memimpin Jawa Barat

Partai NasDem memberikan surat rekomendasi kepada putra presiden ke-3 RI B.J. Habibie, Ilham Akbar Habibie, sebagai calon gubernur atau wakil gubernur untuk Pilkada Jawa Barat.

"Kami juga mempunyai keyakinan sepenuhnya bahwa kemampuan, kapasitas, dan profesionalitas Ilham Habibie cukup mumpuni untuk memimpin Jawa Barat," kata Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta, Kamis.

Selengkapnya klik di sini.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemarin, PDIP dorong revisi UU KPK-simulasi e-Coklit Pilkada 2024