PDIP NTT Gelar Rakerda Bahas Pilkada

id PDIP

PDIP NTT Gelar Rakerda Bahas Pilkada

Sekretaris DPD PDIP Nusa Tenggara Timur Nelson Matara

"Kami akan menggelar Rakerda pada Agustus mendatang serta penjadwalan pelaksanaan survei terhadap para bakal calon yang keluar melalui pintu PDIP," kata Nelson Matara.
Kupang (Antara NTT) - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Nusa Tenggara Timur dalam pekan ini akan menggelar rapat kerja daerah (Rakerda) untuk membahas Pilkada serentak pada sepuluh kabupaten di NTT serta pemilu gubernur NTT 2018.

"Kami akan menggelar Rakerda pada Agustus mendatang serta penjadwalan pelaksanaan survei terhadap para bakal calon yang keluar melalui pintu PDIP," kata Sekretaris DPD PDI Perjuangan NTT Nelson Matara di Kupang, Kamis, terkait bakal calon yang akan diusung ke arena Pilkada dan Pilgub 2018.

PDI Perjuangan NTT harus mencari figur lain untuk diusung dalam Pilgub 2018 karena Ketua DPD PDIP NTT, Frans Lebu Raya sudah tidak bisa maju lagi lantaran sudah dua kali memimpin daerah berbasis kepulauan itu.

Menurut dia, tahapan Pilkada maupun Pilgub NTT 2018, partai berlambang kepala banteng bermoncong putih itu sudah dimulai, yakni dengan membuka pendaftaran bagi bakal calon yang ingin bertarung melalui pintu PDI Perjuangan.

Saat ini, PDI Perjuangan sedang meminta para bakal calon yang sudah mendaftar untuk melengkapi berkas agar bisa segera dikirim ke DPP PDI Perjuangan di Jakarta.

DPP, kata dia akan menentukan lembaga survei untuk pelaksanaanya terhadap bakal calon sebelum ditetapkan.

"Sampai saat ini belum menentukan lembaga survei yang penetapannya oleh DPP, sebagai pelaksana survei bakal calon yang sudah mendaftar di partai itu," kata Nelson.

Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan NTT Gusti Beribe dalam keterangan terpisah mengatakan semenjak ditutupnya pendaftaran pada 15 Mei 2017 lalu, ada 11 bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang memasukan lamaran di DPD PDIP NTT.

Ke-11 bakal calon yang mendaftar itu terdiri dari, sembilan bakal calon gubernur dan dua bakal calon wakil gubernur yakni Mikhael Umbu Zaza dan Novianto Umu Pati Lende.

Sementara sembilan bakal calon gubernur adalah Raymundus Sau Fernandes, Ibrahim Medah, Daniel Tagu Dedo, Ayub Titu Eki, Kristo Blasin dan Daniel Hiroson Wadu, Honing Sani, Hironimus Fernadez dan Yoseph Suni.

Raymundus Sau Fernandes adalah Bupati Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan TTU, Ibrahim Medah adalah Ketua DPD Partai Golkar NTT yang juga anggota DPD RI, Daniel Tagu Dedo adalah mantan Direktur Utama Bank NTT, Ayub Titu Eki adalah Bupati Kabupaten Kupang, Yoseph Suni pengusaha.

Sementara Kristo Blasin adalah mantan Wakil Ketua DPRD NTT dan salah satu Ketua di DPD PDI Perjuangan NTT, Daniel Hiroson Wadu dan Hironimus Fernadez adalah aparatur sipil negara (ASN), Honing Sani mantan anggota DPR-RI Fraksi PDI Perjuangan.