Program "ESIS" dukung wisata premium ditargetkan diluncurkan pada 2021

id NTT,Kota Kupang,labuan bajo,Manggarai Barat

Program "ESIS" dukung wisata premium ditargetkan diluncurkan pada 2021

Ilustrasi - Seorang penari sambil memegang cambuk melompat hendak menyambuk lawannya saat dilaksanakannya atraksi tarian Caci di desa wisata Liang Ndara, Manggarai Barat, NTT.ANTARA FOTO/Kornelis Kaha.

Program ini dalam rangka menyambut Labuan Bajo sebagai kawasan wisata super premium. Dan saat ini sudah mencapai 80 persen
Labuan Bajo (ANTARA) - Konsep "smart tourism" dengan program "Electronic Securing Integrated System (ESIS)" yang digagas oleh Polres Menggarai Barat mendukung wisata super premium di Labuan Bajo ditargetkan pada awal tahun 2021 sudah bisa diluncurkan, kata Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hari Wibowo.

"Program ini dalam rangka menyambut Labuan Bajo sebagai kawasan wisata super premium. Dan saat ini sudah mencapai 80 persen," katanya kepada ANTARA di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Rabu, (14/10).

Baca juga: Presiden Jokowi ingin Labuan Bajo benar-benar jadi kawasan wisata premium

Hal ini disampaikan-nya berkaitan dengan peningkatan keamanan bagi wisatawan di wilayah Labuan Bajo, dalam rangka mendukung program Presiden Joko Widodo yang menginginkan agar Labuan Bajo menjadi kawasan wisata super premium.

Orang nomor satu di wilayah Polres Manggarai Barat itu menambahkan bahwa dengan adanya "ESIS" itu, pihaknya akan melaksanakan pengamanan di wilayah itu berbasis teknologi informasi yang mana seluruh ruas jalan di wilayah itu akan terpantau dengan "Closed-Circuit Television" (CCTV).

"Ada 2.000 titik CCTV yang akan kita pasang dan akan terkoneksi dengan Polres dan ini akan memudahkan kami pihak kepolisian dalam memonitor setiap kejahatan yang terjadi di daerah ini," ujar dia.

Bambang yang pernah menjabat sebagai Kapolres Rote itu menambahkan bahwa pihaknya juga bekerja sama dengan Badan otorita pariwisata Labuan Bajo FLores (BOPLBF) dan pihak swasta untuk menjalankan program itu.

Kapolres mengaku bahwa jika hal ini sudah dijalankan maka, Labuan Bajo akan menjadi kawasan destinasi wisata super premium pertama di Indonesia yang menerapkan hal tersebut.

Menurut dia saat ini perhatian dari pemerintahan pusat khususnya Presiden Jokowi ke Labuan Bajo sangat tinggi untuk merubah wajah NTT dalam hal pariwisata.

Oleh karena itu ujar dia, sudah saatnya setiap instansi pemerintahan di daerah itu harus mengambil kesempatan sebesar-besarnya untuk berinovasi mendukung program dari orang nomor satu di Indonesia itu.

Baca juga: Labuan Bajo bakal jadi kiblat ekonomi kreatif Indonesia Timur

Ia pun berharap agar dukungan dari pemda setempat untuk program "ESIS" itu, sehingga target awal tahun 2021 bisa segera terwujud, dan bisa membantu memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah itu.
 
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar