Semua balon kepala daerah sehat

id fery soge

Semua balon kepala daerah sehat

Juru bicara KPU Sikka Fery Soge (Foto ANTARA)

Semua pasangan bakal calon yang menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Prof Dr WZ Johannes Kupang dinyatakan sehat.
Kupang (Antaranews NTT) - Juru bicara KPU Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur Fery Soge mengatakan semua pasangan bakal calon yang menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Prof Dr WZ Johannes Kupang dinyatakan sehat.

"Kami sudah selesai pleno pada Rabu (17/1) malam. Enam orang bakal calon itu lulus pemeriksaan kesehatan," kata Fery Soge menjawab Antara, ketika dihubungi melalui telepon selularnya dari Kupang ,Kamis.

Dia menjelaskan, untuk pemeriksaan fisik, di RSUD Kupang, semua bakal calon dinyatakan memenuhi syarat.

Sementara untuk pemeriksaan bebas narkoba oleh Badan Narkotia Nasional (BNN), semua bakal calon dinyatakan negatif, dan untuk pemeriksaan psikologi oleh HIMPSI, semua bakal calon dinyatakan mampu.

Artinya, kesimpulannya adalah semua bakal calon yang melamar di KPU dinyatakan memenuhi syarat pencalonan dan syarat calon, kata mantan wartawan ini.

Dia menambahkan, semua bakal pasangan calon akan diberikan kesempatan untuk menyerahkan perbaikan syarat calon pada 18-20 Januari 2018.

KPU akan melakukan penelitian perbaikan syarat calon mulai 19-27 Januari dan 12 Februari dilanjutkan dengan penetapan pasangan calon, kata Fery Soge.

Di Kabupaten Sikka, ada tiga bakal pasangan calon yang lolos, yakni Alexander Longginus-Fransiskus Stephanus Say yang diusung PAN, Gerindra dan PDIP.

Petahana Yoseph Ansar Rera-Rafael Raga yang diusung PPP, PKS, Demokrat, Golkar, PKPI, dan Nasdem dan Fransiskus Roberto Diogo-Romanus Woga (Perseorangan). 

Balon Kupang
Sementara itu, KPU Kabupaten Kupang menyatakan lima pasangan calon bupati dan wakil bupati Kupang dinyatakan sehat setelah menjalani pemeriksaan kesehatan oleh tim dokter dari RSUD Prof Dr WZ Johannes Kupang.

"Kami sudah menerima hasil pemeriksaan kesehatan dari pihak rumah sakit dan menyatakan para bakal calon (balon) kepala daerah semua sehat-sehat," kata juru bicara KPU Kabupaten Kupang, Imanuel Ballo ketika dihubungi di Oelamasi, Kamis.

Ia menjelaskan, KPU Kabupaten Kupang sudah selesai melakukan pleno penetapan hasil pemeriksaan kesehatan bakal calon kepala daerah itu. 

Imanuel mengatakan kelima pasangan bakal calon kepala daerah yang lolos pemeriksaan kesehatan itu akan mengikuti tahapan lanjutan sampai pada tahap penetapan pasangan nomor urut calon. 

"Kami belum bisa pastikan apakah kelima balon tersebut lolos sampai tahapan penetapan atau tidak karena masih ada tahapan penelitian faktual bagi satu pasangan calon perseorangan," kata Imanuel. 

Kelima pasangan bakal calon tersebut masing-masing Hendrik Paut-Aljeri Monas (Harmoni) yang diusung Partai Demokrat dan PKPI serta Perindo, pasangan Korinus Masneno-Jefri Manafe (Komitmen) diusung partai Nasdem dan Golkar. 

Sementara itu, pasangan Nelson O Matara- Bernard Bait (Tirosa) diusung PDIP dan PKB, serta pasangan Silvester Benfatin-Johannis Oettemoesoe (Terkini) diusung partai PAN dan Gerindra. 
Untuk pasangan calon perseorangan yaitu Akulas-Joao Antonio de Jesus Costa sedang bekerja keras memenuhi 5.000 dukungan dari 17.290 dukungan hasil verifikasi faktual untuk memenuhi 20.140 dukungan yang harus diserahkan kepada KPU Kabupaten Kupang sebagai syarat ikut dalam pilkada serentak 2018.