Pangdam Udayana Benny Susianto ke PLBN Motamasin

id Pangdam

Pangdam Udayana Benny Susianto ke PLBN Motamasin

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto (tengah) didampingi Danrem 161/Wirasakti Kupang Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa (kanan) bercengkrama dengan sejumlah Istri TNI-AD saat memberikan pengarahan di Markas Korem 161/Wirasakti Kupang, NTT Jumat (

Kunjungan kerja orang nomor satu di jajaran Kodam IX/Udayana ini untuk mengenal lebih dekat karakteristik NTT sebagai provinsi kepulauan.
Kupang (Antaranews NTT) - Panglima Kodam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, Jumat malam, melakukan kunjungan kerja perdana ke Provinsi Nusa Tenggara Timur setelah dilantik menjadi Pangdam Udayana pada Senin (15/1) menggantikan Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak.

Kepala Penerangan Korem 161/Wirasakti Kupang Mayor Inf Arwan Minarta kepada Antara mengatakan kunjungan kerja orang nomor satu di jajaran Kodam IX/Udayana ini untuk mengenal lebih dekat karakteristik NTT sebagai provinsi kepulauan.

Ia menjelaskan setelah beramah tamah dengan unsur pimpinan daerah Nusa Tenggara Timur di Kupang, Jumat (19/1) malam, Pangdam Susianto diagendakan berkunjung ke PLBN Motamasin di Kabupaten Malaka serta ke Pulau Dana Rote, Sabtu.

Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Motamasin merupakan salah gerbang Indonesia menuju negara Timor Leste dan sebaliknya, yang baru diresmikan Presiden Joko Widodo pada 9 Januari lalu, bersamaan dengan PLBN Wini di Kabupaten Timor Tengah Utara.

PLBN Wini merupakan gerbang utama Indonesia menuju wilayah kantung (enclave) Timor Leste di Oecusse, dan sebaliknya.

Letak PLBN Wini ini agak sedikit unik, karena warga Timor Leste yang hendak ke Dili maupun Oecusse harus melalui wilayah Indonesia di Kabupaten Timor Tengah Utara.

Masalah ini sempat menjadi pembicaraan sejumlah pengamat hukum internasional di Kupang yang meminta pemerintah untuk segera membuat regulasi yang mengatur lalu lintas orang dan barang melalui suatu wilayah negara, baik darat, laut maupun udara.

Wilayah kantung Oecusse berada di antara himpitan Kabupaten Timor Tengah Utara dan Kabupaten Kupang yang batas teritorialnya sampai ke Pulau Batek di wilayah Kecamatan Amfoang Timur.

Mayor Arwan mengatakan rencana kunjungan Pangdam Udayana ke Pulau Dana Rote, karena pulau kecil nan molek tersebut merupakan salah satu pulau terdepan Indonesia yang berbatasan langsung dengan Australia.

Pulau Dana Rote saat ini dalam penjagaan dan pengawasan prajurit TNI, seperti halnya dengan Pulau Batek yang berbatasan langsung dengan negara Timor Leste.

"Kunjungan Panglima ke Pulau Dana Rote itu semata untuk memberikan semangat kepada para prajurit TNI yang bertugas di pulau terdepan Indonesia itu," katanya.

Arwan menambahkan dalam arahannya kepada para prajurit TNI di Korem 161/Wirasakti Kupang, Pangdam juga menekankan tentang netralitas TNI dalam menghadapi Pilkada 2018 di NTT.

Dalam musim politik tahun 2018, di wilayah NTT akan berlangsung pilkada di 10 kabupaten, termasuk pemilu Gubernur-Wakil Gubernur NTT periode 2018-2023.
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar