Tim SAR Gabungan cari nelayan hilang di Ende

id SAR,nelayan hilang,ende,NTT

Tim SAR Gabungan cari nelayan hilang di Ende

Tim SAR Gabungan melakukan upaya pencarian seorang nelayan asal Ende yang hilang saat melaut di perairan Pelabuhan Ipi, Kabupaten Ende, Rabu (17/11/2021) (ANTARA/Ho-Basarnas Maumere)

...Korban menggunakan perahu motor dan belum berhasil ditemukan hingga pukul 12.00 Wita tadi
Labuan Bajo (ANTARA) - Tim SAR Gabungan melakukan upaya pencarian seorang nelayan asal Ende yang hilang saat melaut pada Selasa (16/11) di perairan Pelabuhan Ipi, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur.

“Korban menggunakan perahu motor dan belum berhasil ditemukan hingga pukul 12.00 Wita tadi,” kata Kepala Kantor Basarnas Maumere I Putu Sudayana selaku SAR Mission Coordinator dalam keterangan yang diterima di Labuan Bajo, Rabu, (17/11).

Korban bernama Muhamad Mansyur (55) merupakan warga Kelurahan Tetandara, Kecamatan Ende Selatan. Korban berangkat melaut menggunakan perahu motor pada pukul 07.00 Wita, Selasa (16/11) kemarin.

Hingga pukul 20.20 Wita, instansi potensi SAR yang berada di wilayah Kantor SAR Maumere seperti Kodim 1602 Ende telah berkoordinasi dan melakukan upaya pencarian bersama keluarga. Dalam pencarian tersebut hanya ditemukan perahu korban pada koordinat 08°51'5.38''S - 121°40'38.06"E.

Sudayana mengatakan korban masih dalam pencarian oleh Tim SAR Gabungan dengan menggunakan satu buah Rubber Boat 30 PK Unit Siaga Ende.

Dalam proses pencarian korban, tim juga menggunakan berbagai alat bantu lain seperti Rapid Land Kansar Maumere satu unit, Rapid Land Unit Siaga SAR Ende satu unit, Speed Boat 85 PK Polairud Ende satu unit unit, perahu nelayan tiga unit, dan palsar air lainnya satu set.

Sekiranya 42 orang terlibat dalam proses pencarian korban yang terdiri dari Kansar Maumere, Unit Siaga SAR Ende, Pos TNI AL Ende, Polairud Ende, Babinsa Koramil 1602-01 Ende, BPBD Ende, Dinas Sosial Ende, PMI Ende, serta masyarakat dan keluarga korban.

Kini, status korban dalam pencarian dengan jenis kejadian kecelakaan kapal. Tim SAR Gabungan terus melakukan upaya pencarian pada Rabu sejak pukul 13.00 Wita.

Baca juga: Lagi, seorang wisatawan meninggal di kawasan TN Komodo

Baca juga: SAR Kupang selamatkan lima pendaki Gunung Timau yang hilang kontak