Ledakan di restoran pinggir pantai Somalia enam orang tewas

id Somalia,ledakan restoran,Al Shabaab

Ledakan di restoran pinggir pantai Somalia enam orang tewas

Arsip - Paramedis bersiap memindahkan mayat seorang pria ke kantung jenazah, di lokasi ledakan di Mogadishu, Somalia, 16 Januari 2022. (ANTARA/Reuters/Feisal Omar/aww/djo)

Sejauh ini kami telah mengevakuasi enam jenazah warga sipil dan tujuh korban lainnya yang terluka...
Mogadishu (ANTARA) - Ledakan di restoran pinggir pantai di ibu kota Somalia, Mogadishu, pada Jumat, (22/4) menewaskan enam orang, kata pejabat dinas ambulans.

"Sejauh ini kami telah mengevakuasi enam jenazah warga sipil dan tujuh korban lainnya yang terluka," kata Abdikadir Abdirahman, direktur Layanan Ambulans Aamiin.

Kelompok al Shabaab mengaku bertanggung jawab atas ledakan tersebut. Juru bicara mereka, Abdiasis Abu Musab, mengatakan kepada Reuters bahwa kelompoknya menyasar "petugas keamanan dan politisi pemerintah yang murtad."

Al Shabaab kerap melakukan pengeboman di Mogadsihu dan di tempat lainnya sebagai bagian dari perang melawan pemerintah pusat di negara Tanduk Afrika tersebut.

Kelompok itu sudah bertahun-tahun berupaya menggulingkan pemerintah pusat dan mendirikan pemerintahannya sendiri berdasarkan penafsiran ketat mereka atas hukum syariat Islam.

Baca juga: Tujuh penjaga perdamaian PBB meninggal di Mali akibat ledakan bom

Resto makanan laut Pescatore, yang baru saja beroperasi di Pantai Lido di bagian selatan Mogadishu, sering kali dikunjungi pejabat keamanan dan pemerintah.

Belum diketahui pasti apakah ada di antara mereka yang menjadi korban dalam insiden tersebut.

Baca juga: 60 orang tewas akibat ledakan tambang emas di Burkina Faso

Ratusan anggota dewan Somalia akhirnya dilantik pekan lalu, membuka jalan untuk menunjuk pemimpin yang baru lewat sebuah proses yang tertunda selama berbulan-bulan di tengah perebutan kekuasaan antara presiden dan perdana menteri saat ini.

Sumber: Reuters