Saham global terangkat rebound minyak

id saham global,indeks MSCI dunia,indeks MSCI Asia,indeks Nikkei,indeks KOSPI,indeks CSI300,indeks dolar AS

Saham global terangkat rebound minyak

Ilustrasi - Miniatur pompa sumur minyak cetak 3D terlihat di depan grafik stok yang ditampilkan dan logo OPEC (14/4/2020). ANTARA/REUTERS/Dado Ruvic/aa.

Fundamental minyak tetap mendukung...
London/Sydney (ANTARA) - Rebound harga minyak di tengah kekhawatiran pasokan yang ketat membuat pasar saham global terangkat pada perdagangan Senin, (4/7/2022) dalam sesi yang terpukul hari libur AS untuk memperingati Hari Kemerdekaan.

Minyak mendapat penangguhan hukuman karena produksi yang lebih rendah dari Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC), kerusuhan di Libya dan sanksi terhadap Rusia melebihi kekhawatiran resesi global.

"Fundamental minyak tetap mendukung," kata Warren Patterson, kepala penelitian komoditas di ING. "Jelas OPEC masih berjuang untuk mencapai tingkat produksi yang disepakati," katanya menambahkan.

Produksi dari 10 anggota OPEC pada Juni turun 100.000 barel per hari (bph) menjadi 28,52 juta barel per hari, dari peningkatan yang dijanjikan sekitar 275.000 barel per hari, survei Reuters menunjukkan pada Jumat (1/7/2022).

Minyak mentah Brent stabil di 111,59 dolar AS per barel, sementara minyak mentah AS turun 12 sen menjadi 108,32 dolar AS per barel. Keduanya jatuh lebih dari satu dolar di awal perdagangan.

Indeks ekuitas MSCI dunia naik 0,25 persen dan indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang menguat 0,14 peren, setelah jatuh 1,8 persen minggu lalu.

Ekuitas global mencapai posisi terendah 18-bulan bulan lalu di tengah kecemasan tentang kenaikan inflasi dan suku bunga, tetapi sejak itu membuat keuntungan kecil.

"Beberapa pasar mulai menemukan pijakannya tetapi ada banyak volatilitas saat ini," kata Sebastien Galy, ahli strategi makro senior di Nordea Asset Management, menunjuk pada risiko dari rilis data penggajian non-pertanian utama AS akhir pekan ini.

Saham-saham Eropa menguat 0,7 persen dan FTSE Inggris naik lebih dari 1,0 persen, dibantu oleh keuntungan di perusahaan minyak dan gas.

Saham-saham unggulan China, indeks CSI300, ditutup 0,7 persen lebih tinggi, didorong oleh lonjakan 4,65 persen pada saham perawatan kesehatan China.

Nikkei Jepang ditutup bertambah 0,84 persen, meskipun indeks KOSPI Korea Selatan berakhir turun 0,22 persen.

Namun, S&P 500 berjangka AS dan Nasdaq berjangka masing-masing turun 0,7 persen dan 0,8 persen, karena data AS baru-baru ini menunjukkan risiko penurunan untuk laporan penggajian Juni minggu ini. Pasar saham AS ditutup pada Senin untuk libur Hari Kemerdekaan.

Perkiraan PDB Federal Reserve Atlanta yang banyak diawasi turun ke -2,1 persen secara tahunan untuk kuartal kedua, menyiratkan negara itu sudah dalam resesi teknis.

Laporan penggajian pada Jumat (8/7/2022) diperkirakan menunjukkan pertumbuhan pekerjaan melambat menjadi 270.000 pada Juni, dengan pendapatan rata-rata melambat menjadi 5,0 persen.

Namun, risalah pertemuan kebijakan Fed Juni pada Rabu (6/7/2022) diperkirakan akan terdengar hawkish, mengingat komite memilih untuk menaikkan suku sebesar 75 basis poin.

Baca juga: Minyak anjlok di tengah ketidakpastian produksi OPEC+

Baca juga: AS dan sekutu perlu membatasi pendapatan minyak Rusia



 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Saham global terangkat "rebound" minyak, saat pasar terpukul libur AS